Rabu, Mei 29, 2024

5 Tips Membuat Artikel Bagi Pemula, Mudah Kok!

Tips membuat artikel sangatlah mudah, loh. Tips ini bahkan bisa diterapkan bagi para penulis pemula. Penasaran gimana caranya? Simak artikel ini sampai akhir, ya.

Artikel merupakan salah satu jenis tulisan yang banyak digunakan pada dunia digital. Ciri khas pembuatan artikel adalah gaya bahasanya yang serius tapi tetap santai dan enak dibaca. Penulisan artikel bertujuan untuk memberikan informasi yang penting namun disampaikan dengan singkat.

Meski begitu, masih banyak orang yang merasa kebingungan ketika diberi tugas membuat artikel. Padahal, jika kamu tahu kuncinya pasti kamu akan lebih mudah memunculkan ide kreatif untuk membuat artikel.

Nah, biar gak bingung lagi, Djavatoday punya tips membuat artikel agar lebih mudah dan cepat. Langsung aja yuk, check this out!

Tips Membuat Artikel Bagi Pemula

Berikut tips membuat artikel bagi para pemula yang baru belajar menulis.

Pilih topik

Tips membuat artikel yang pertama yaitu dengan memilih topik. Dari berbagai macam hal yang ada, kamu bisa memilih topik sesuai kebutuhan. Misalnya dengan melihat tren atau berangkat dari keresahanmu sendiri.

Banyak yang mengeluh saat disuruh mencari topik tulisan, padahal semua hal bisa dijadikan tulisan loh. Kamu bisa memilih topik yang sesuai dengan bidangmu. Kalaupun kamu tidak memahaminya, kamu bisa belajar terlebih dahulu. Nanti, kamu bisa menulis sembari belajar hal baru.

Tentukan angle

Sudut pandang dalam tulisan juga penting, loh. Kamu harus bisa memilih seperti apa tulisanmu akan dibuat. Misalnya kamu memilih topik makanan, kamu bisa memilih apakah akan menulis resepnya, rekomendasinya, atau tempat makanannya. Angle tulisan dapat menentukan judulmu selanjutnya.

Tentukan judul

Tips membuat artikel yang berikutnya yaitu menentukan judul tulisan. Setelah menentukan sudut pandang, kamu bisa lebih mengerucutkannya ke dalam sebuah judul. Pilihlah judul yang singkat, jelas, dan menarik.

Usahakan membuat judul antara 8 – 10 kata. Jangan terlalu panjang karena itu bisa membuat orang yang melihatnya malas membaca. 

Cari informasi

Pelajarilah informasi dari berbagai sumber. Pastikan pula kamu memilih sumber yang jelas dan kredibel. Setelah membacanya, kamu harus paham isinya agar kamu bisa menyampaikannya kembali dengan gayamu sendiri.

Namun jangan sampai mirip secara keseluruhan, ya. Kamu tetap harus melakukan parafrase agar tulisanmu tidak terkena plagiat.

Ciptakan gaya tulisanmu

Tips membuat artikel yang terakhir yaitu dengan menciptakan gaya tulisanmu. Tiap orang pasti memiliki ciri khas dalam menulis. Kamu pun harus memiliki itu agar orang-orang tahu itu tulisanmu meski tanpa melihat siapa penulisnya.

Ini dijadikan juga sebagai personal branding dalam menulis. Gaya tulisanmu bisa kamu sesuaikan sendiri. Setelah mendapatkannya maka kamu harus menerapkannya di setiap tulisan yang kamu buat sebagai ciri khasmu.

Demikian tips membuat artikel untuk pemula. Setelah ini, yuk mulai buat artikel sebanyak-banyaknya. (Ume/Djavatoday)

PSGC Ciamis Bubarkan Tim Usia Gagal ke 8 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis membubarkan tim musim 2023/2024 setelah gagal lolos ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Laskar Singacala kandas di babak...

Jalan Mundur Warnai Aksi Solidaritas Jurnalis Ciamis Tolak RUU Penyiaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah jurnalis dari Ciamis, Banjar dan Pangandaran melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Ciamis, Selasa (28/5/2024). Mereka menyerukan penolakan...

Lomba Merpati Tingkat Nasional di Ciamis Berdampak Baik untuk Ekonomi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Lomba burung merpati tingkat nasional seri 3 kembali digelar di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kegiatan itu digelar Penggemar Merpati Tinggi Indonesia...

Pedas Nampol Seblak Bangsat Seuhah yang Viral di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seblak adalah jajanan yang berasal dari Jawa Barat yang saat ini diminati banyak kalangan. Warung Seblak Bangsat Seuhah di Ciamis kini...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya