Jumat, Mei 17, 2024

Tim Gabungan Lakukan Ramp Check Bus Angkutan Mudik di Terminal Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tim gabungan dari Dinas Perhubungan Ciamis dan Satlantas Polres Ciamis melakukan pemeriksaan kendaraan (ramp check) bus angkutan lebaran di Terminal Ciamis, Kamis (13/4/2023).

Pemeriksaan kendaraan tersebut terdiri dari fisik dan administrasi. Hasilnya, petugas menemukan beberapa pelanggaran administrasi maupun fisik. Salah satunya adanya penyimpangan trayek dan sudah habis masa berlakunya.

Sedangkan secara fisik, ada dua bus yang perlu mendapat perbaikan segera karena mengalami kendala pada bagian tie rod. Petugas Dishub Ciamis pun langsung menegur dan meminta agar secepatnya diperbaiki.

Kepala Bidang Teknis dan Sarana Dinas Perhubungan Ciamis Iko Zulfikar mengatakan ramp check bus ini berdasarkan instruksi Kementerian Perhubungan. Kendaraan bus angkutan lebaran ini harus dalam kondisi baik saat digunakan pada saat momen mudik tahun ini.

“Dalam pemeriksaan kendaraan ini mulai dari fisik seperti kondisi rem, wiper, sistem lampu, klakson, tie rod. Juga administrasi kelengkapan surat-surat,” ungkapnya.

Iko mengungkapkan dari 8 bus yang diperiksa dalam ramp check ini, hanya 2 bus yang layak aman dan tertib administrasi. Sedangkan sisanya ditemukan pelanggaran administrasi dan kendala secara fisik.

“Ada 3 bus yang trayeknya menyimpang. Jadi antara trayek dalam surat kendaraan berbeda dengan trayek yang tercantum pada bus. Seperti harusnya Bandung-Cikarang tapi malah Bandung-Pangandaran. Atau Harusnya Jakarta-Majenang, tapi Bandung-Jogja,” ucap Iko.

Meski demikian, Dishub Ciamis pun masih mengizinkan bus tersebut melanjutkan perjalanan. Namun Dishub Ciamis pun akan berkirim surat kepada perusahaan bus tersebut untuk mengembalikan bus sesuai dengan trayek yang tercantum dalam surat.

“Kita kirim surat ke perusahaan bus itu, agar yang penyimpangan trayek itu diperbaiki sesuai semestinya. Juga untuk kendaraan yang masih ada kekurangan secara fisik agar segera dilengkapi dan diperbaiki,” jelasnya.

Pengecekan kendaraan angkutan lebaran ini akan terus dilakukan oleh Dinas Perhubungan Ciamis bersama Polres Ciamis. Tempatnya di Terminal Ciamis dan juga di PO Bus yang ada di Ciamis. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai Wakili Ciamis di O2SN Provinsi

Berita Ciamis (Djavatoday.com), Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis menjadi juara 1 O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional) cabang bulutangkis...

Herdiat Sunarya Kembali Jadi Ketua PBVSI Ciamis, Prioritaskan Pembinaan Atlet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Herdiat Sunarya terpilih kembali sebagai Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Ciamis masa bakti 2024-2028. Herdiat terpilih secara aklamasi melalui...

11 Desa di Kecamatan Panawangan Ciamis Berstatus Mandiri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024 Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, meningkat. Dari 18 desa, sebanyak 11 desa sudah berstatus mandiri. Sedangkan...

Raih Hasil Imbang Atas Persip Pekalongan 3-3, PSGC Ciamis Lolos ke 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - PSGC Ciamis lolos ke babak 16 besar Liga 3 Nasional. Dalam laga terakhir di grup 3, PSGC Ciamis berhasil mengimbangi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya