Kamis, Mei 16, 2024

Disnakkan Ciamis Gelar Bimtek Juru Sembelih Hewan

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis menggelar Bimtek Juleha atau Juru Sembelih Hewan.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Korpri Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (14/3/2023).

Kepala Disnakkan Ciamis, Syarief Nurhidayat mengatakan, yang mengikuti kegiatan tersebut ada sebanyak 40 orang dari se Kabupaten Ciamis.

“Untuk pesertanya itu ada sebanyak 40 orang, itu se Kabupaten Ciamis. Kegiatan Bimtek Juleha ini merupakan angkatan ke 5,” katanya.

Syarief menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk memberikan pembekalan kepada para calon juru sembelih hewan.

“Kegiatan ini selama dua hari, nantinya akan ada teori dan juga prakteknya. Tidak hanya itu nanti juga ada sertifikat baik dari kami maupun MUI Ciamis,” jelasnya.

Untuk Juleha yang sudah punya sertifikat itu kurang lebih hampir 200 orang yang sudah mengikuti Bimtek serta pembekalan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis.

“Kami juga berpesan kepada para Juleha yang telah memiliki sertifikat agar memberikan ilmunya kepada yang lain juga,” ucapnya.

Menurutnya, yang menentukan halal atau tidaknya hewan kurban itu adalah juru sembelih halal. Mudah-mudahan saja, yang sudah punya sertifikat bisa memberikan ilmunya ke yang lain.

“Mudah-mudahan saja, mereka yang sudah punyak sertifikat bisa memberikan ilmunya kepada yang lainnya juga,” tuturnya.

Syarief berpesan kepada para Juleha agar dapat melaksanakan penyembelihan hewan sesuai yang telah dapatkan pada kegiatan ini.

“Jadi kami dari Dinas lebih memberikan ke segi kesejahteraan hewan, kemudian untuk MUI itu lebih ke syariat,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Raih Hasil Imbang Atas Persip Pekalongan 3-3, PSGC Ciamis Lolos ke 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - PSGC Ciamis lolos ke babak 16 besar Liga 3 Nasional. Dalam laga terakhir di grup 3, PSGC Ciamis berhasil mengimbangi...

Siswa SMA Informatika Ciamis Dapat Motivasi Kehidupan dari Dirut Pesona Kahuripan Angga Budi Kusuma

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan siswa SMA Informatika Ciamis mendapat motivasi kehidupan dari Dirut Pesona Kahuripan Angga Budi Kusuma. Motivasi dari pengembang rumah bersubsidi terbesar...

Pj Bupati Ciamis Lepas Penyaluran Beras Pemerintah Bantuan Pangan 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna melepas penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan 2024 Kabupaten Ciamis tahap dua alokasi April-Juni. Pelepasan...

Soal Studi Tur, Pj Bupati Ciamis Ingatkan Sekolah Selektif Tentukan Jasa Angkutan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tragedi bus terguling yang merenggut nyawa 11 siswa studi tur yang terjadi di Subang menjadi perhatian semua pihak. Seperti Pj Bupati...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya