Selasa, Juni 18, 2024

Soal Studi Tur, Pj Bupati Ciamis Ingatkan Sekolah Selektif Tentukan Jasa Angkutan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tragedi bus terguling yang merenggut nyawa 11 siswa studi tur yang terjadi di Subang menjadi perhatian semua pihak. Seperti Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna yang memberi peringatan kepada sekolah yang berencana menggelar studi tur.

Engkus mengatakan pihaknya tidak melarang sekolah di Ciamis melaksanakan studi tur. Namun ia mengingatkan sekolah untuk lebih ketat dalam menentukan kendaraan bus pariwisata yang akan digunakan.

Pihak sekolah harus memastikan bus yang akan digunakan layak dan sudah melakukan uji KIR.

“Sekolah harus mengecek ke perusahaan jasa angkutan, bus yang akan digunakan itu sudah lulus uji KIR dengan menunjukan bukti hasilnya. Kalau tidak dapat menunjukan jangan mau,” ujar Engkus saat di Pendopo Bupati Ciamis, Selasa (14/5/2024).

Engkus menyatakan sekolah harus tegas meminta hasil uji KIR bis pariwisata yang akan digunakan studi tur. Sekolah juga harus tegas menolak jika kendaraannya memang tidak layak.

Pj. Bupati Ciamis juga akan mengeluarkan surat edaran syarat-syarat untuk sekolah yang akan melaksanakan studi tur.

“Dishub nanti bisa turut terlibat dalam pemeriksaam uji KIR. Jadi nanti terintegrasi antara Disdik, dan Dishub,” ungkap Engkus.

Sekolah jangan memilih kendaraan studi tur karena tergiur dengan harga atau ongkos sewa murah. Jaminan keamanan dan kenyamanan kendaraan harus lebih utama.

“Sekolah jangan asal murah. Keamanan kendaraan lebih utama. Kalau tidak layak jangan pakai, ganti dengan kendaraan yang layak,” jelas Engkus.

Peringatan ini sebagai tindak lanjut surat edaran Pj Gubernur Jabar Bet Machmudin kepada para kepala daerah. Salah satu poinnya memperketat izin pelaksanaan studi tur. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Makanan Ringan di Kawali Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik makanan ringan di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kebakaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya