Kamis, Mei 2, 2024

Rumah Lansia di Pamarican Ciamis Ambruk Rata dengan Tanah saat Hujan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah rumah milik lansia, Tariman Hadi (76), warga Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, ambruk rata dengan hujan ketika hujan deras mengguyur wilayah tersebut, Rabu (18/1/2023).

Anggota Tagana Ciamis Baehaki Efendi mengatakan kondisi rumah milik lansia tersebut memang sudah lapuk. Kemudian ketika hujan deras mengguyur wilayah Pamarican dengan intensitas tinggi mengakibatkan rumah ambruk karena tidak kuat menahan beban air hujan.

“Kondisi rumah lansia warga Pamarican tersebut memang sudah lapuk dan tidak kuat menahan beban air hujan sehingga ambruk rata dengan tanah,” kata Baehaki.

Sewaktu kejadian, Tariman dan istrinya tengah tertidur lelap. Kemudian terdengar suara tanda rumah akan ambruk. Tariman pun bersama istri langsung ke luar rumah menyelamatkan diri, tak lama kemudian ambruk.

“Terjadi saat tengah malam, pemilik rumah sedang tidur lalu ambruk. Alhamdulillah keduanya berhasil selamat dan tidak tertimpa material rumah,” ungkap Baehaki.

Akibat rumahnya ambruk, lansia pemilik rumah mengalami kerugian mencapai Rp 25 juta. Tariman dan istri pun sementara mengungsi ke rumah kerabatnya. Lantaran rumahnya sudah ambruk rata dengan tanah.

“Kami sudah laporan mengenai kejadian ini kepada Pemdes Sidaharja, Kecamatan, BPBD dan Pemkab Ciamis. Harapannya, pemilik rumah supaya bisa mendapat bantuan perbaikan rumah,” tuturnya.

Pasca rumah lansia tersebut ambruk, masyarakat bersama Tagana dan Pemdes pun bergotong royong membersihkan puing-puing rumah yang ambruk. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pesan Pj Bupati Ciamis di Hari Pendidikan Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah tahun 2024 digelar di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (02/05/2024). Tema Hardiknas...

Jelang Pilkada 2024, PDIP Ciamis Silaturahmi ke Partai Nasdem

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPC PDIP Ciamis terus melakukan safari politik jelang Pilkada Ciamis 2024, salah satunya dengan melakukan silaturahmi ke Partai Nasdem di Kelurahan...

13 Keluarga di Ciamis Mengungsi Usai Rumah Retak gegara Pergerakan Tanah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pergerakan Tanah terjadi di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, mengakibatkan puluhan rumah mengalami retak-retak. 13 keluarga terpaksa mengungsi di musala...

Liga 3 Nasional, PSGC Ciamis Libas Persim Maros 2-0

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis kembali berhasil meraih poin penuh dalam laga lanjutan grup G Liga 3 Nasional. Kali ini PSGC Ciamis mengalahkan Persim...

Terpopuler

Lainnya