Senin, April 29, 2024

Konon Mata Air Situs Jambansari Ciamis Berkhasiat Sembuhkan Penyakit

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Situs Jambansari Ciamis selalu menjadi tempat ziarah warga lokal maupun luar daerah. Konon, Situs Jambansari ini memiliki sumber mata air yang berkhasiat sembuhkan penyakit.

Bahkan mata air tersebut sejak dulu dipakai untuk tradisi turun mandi anak yang akan khitanan.

Juru Kunci Situs Jambansari Nandang Sembada membenarkan hal tersebut. Percaya atau tidak, sudah banyak peziarah yang datang ke Situs Jambansari mengambil air hingga mandi atau berharap sembuh dari penyakit.

“Iya memang benar, warga ngambil air dari sini. Anak laki-laki yang mau di sunat atau dikhitan turun mandi disini,” ujar Nandang, Kamis (24/11/2022).

Nandang menjelaskan khasiat air dari Situs Jambansari ini tak terlepas doa dari Bupati Galuh RAA Kusumadiningrat semasa hidupnya. Bahkan pada lokasi tersebut terdapat tulisan Sunda kuno dengan tahun 1874. Tulisan itu bertuliskan tembang dengan lagam Sunda.

Intinya dari tulisan tersebut Kanjeng Prebu mendoakan dan menyatakan air Jambansari obat penyakit. Mengajak dan menyuruh rakyat Galuh dan keluarganya pun datang ka Jambansari kemudian menggunakan air dari sumber mata air tersebut.

“Kanjeng Prebu menyuruh kepada rakyatnya dan keluarganya mandi lah air Jambansari, minum air Jambansari kami mreasilahkan bahwa air ini jadi obat seribu penyakit. Yakinkan kepada dirimu dan kepada yang punya dirimu. Artinya Kanjeng Prebu mendoakan,” ungkap Nandang.

Sejak adanya doa dari Kanjeng Prebu tersebut, banyak warga yang berdatangan ke Situs Jambansari mengambil untuk membawa air yang berkhasiat. Bahkan pada masa pemerintahan Kanjeng Prebu, seluruh kantor instansi pemerintahan menggunakan Situs Jambansari sebagai sumber mata air.

“Sumber mata air Jambansari memang banyak, namun yang paling besar itu sekarang tanahnya sudah milik orang lain. Airnya masih banyak tapi tidak melimpah seperti dulu,” ucapnya.

Kanjeng Prebu atau RAA Kusumadiningrat adalah Bupati Galuh yang terkenal dengan pembangunan dan syiar Islamnya. Pertama mendirikan masjid agung dan menginstruksikan kepada pejabat di daerah untuk mendirikan Musala di setiap kampung. (CN/Djavatoday)

Dampak Gempa M 6,5 Garut, 2 Rumah di Mekarjaya Ciamis Ambruk dan Rusak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dampak gempa berkekuatan 6,5 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Garut, dua rumah di Desa Mekarjaya, Kabupaten Ciamis ikut terdampak, Sabtu (27/4/2024). Berdasarkan data,...

Cocok untuk Kulit Sawo Matang, Rekomendasi Warna Kebaya Ini Bikin Kamu Tampak Cerah!

Rekomendasi warna kebaya ini bisa menjadi pilihan pas untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang. Warna kebaya menjadi poin yang mesti dilingkari karena berpengaruh...

5 Tips Membuat Artikel Bagi Pemula, Mudah Kok!

Tips membuat artikel sangatlah mudah, loh. Tips ini bahkan bisa diterapkan bagi para penulis pemula. Penasaran gimana caranya? Simak artikel ini sampai akhir, ya. Artikel...

Curug Green Stone Banyumas: Info HTM hingga Alamat

Curug Green Stone Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang memiliki pemandangan indah. Objek wisata ini merupakan satu dari rangkaian Wisata...

Terpopuler

Lainnya