Rabu, Mei 1, 2024

Jelang Idul Adha, Kebutuhan Hewan Kurban Ciamis 4.220 Ekor Sapi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang Hari Raya Idul Adha, Ciamis masih kekurangan hewan kurban 109 ekor sapi dari kebutuhan 4.220 ekor. Sedangkan untuk domba, Ciamis mengalami surplus atau kelebihan bahkan bisa memasok luar daerah.

Kadis Peternakan dan Perikanan Ciamis Syarif Hidayat saat sosialisasi pelaksanaan kurban, pemotongan hewan dan lalu lintas ternak dalam situasi wabah PMK. Sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Setda Ciamis, kepada para camat dan desa serta panitia kurban, Senin (20/6/2022).

“Ketersediaan sapi di Ciamis hanya 3.300 ekor dan domba atau kambing 81 ribu ekor. Kebutuhan sapi 4.220 ekor, kambing 5.800 ekor,” ujar Syarif.

Untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban 109 ekor sapi tersebut, Pemkab Ciamis mendatangkan dari Bandung, Trenggalek, Yogyakarta, Probolinggo dan Madura. Namun dalam prosesnya Dinas Peternakan melakukan pengawasan ketat.

“Ciamis juga sudah mengeluarkan 250 ekor domba dan kambing atas permohonan dari Kabupaten Bandung, Bogor, Tangerang dan Tangerang Selatan,” kata Syarif.

Dalam mendatangkan sapi dari luar daerah, Pemkab Ciamis mengawasi ketat lalu lintas ternak. Berbeda dari tahun sebelumnya, momen kurban ini saat ada wabah penyakit mulut dan kulit (PMK).

“Saat bandar membutuhkan ternak, kami akan menghubungi daerah asal sapi tersebut. Apabila kondisinya sehat dan aman harus melengkapinya dengan surat keterangan sehat hewan. Begitu juga sebaliknya,” jelas Syarif.

Terkait dengan lalu lintas ternak, Pemkab Ciamis pun sudah berkoordinasi dengan daerah tetangga. Sehingga ketika ada hewan ternak sapi masuk akan ada informasi untuk dilakukan pengecekan.

“Sebetulnya itu kewenangan provinsi. Tapi kita koordinasi dengan Banjar dan Tasikmalaya, akan ada lalu lintas ternak disitu, sehingga ada informasi,” ungkapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Upaya Polsek Sukadana Polres Ciamis Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran personel Polsek Sukadana Polres Ciamis terus berupaya menjaga kondusivitas wilayah dan antisipasi gangguan Kamtibmas. Salah satunya intens melakukan koordinasi dan komunikasi...

Update Gempa Garut 6,2 M, 115 Rumah di Ciamis Rusak dan 7 Keluarga Mengungsi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Gempa berkeliaran 6,2 M yang mengguncang Kabupaten Garut pada Sabtu (27/4/2024) malam menimbulkan dampak cukup besar. Kini ada 115 rumah dan...

Rowo Jombor Klaten, Nikmati Kuliner di Warung Apung

Rowo Jombor Klaten merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau dengan konsep wisata kuliner. Setiap wisatawan bisa menikmati keindahan danau atau rawa...

Curug Pinang Baturraden, Nyaman untuk Piknik dan Barbekuan!

Curug Pinang Baturraden merupakan salah satu objek wisata yang meramaikan khazanah pariwisata Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun dengan...

Terpopuler

Lainnya