Jumat, Mei 31, 2024

Update Gempa Garut 6,2 M, 115 Rumah di Ciamis Rusak dan 7 Keluarga Mengungsi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Gempa berkeliaran 6,2 M yang mengguncang Kabupaten Garut pada Sabtu (27/4/2024) malam menimbulkan dampak cukup besar. Kini ada 115 rumah dan bangunan fasilitas umum dan juga fasilitas sosial di Ciamis yang rusak dampak gempa Garut.

Bangunan yang rusak akibat gempa Garut itu tersebar di 17 kecamatan, 38 desa dan 55 dusun.

“Pendataan masih terus dilakukan petugas, untuk yang sudah tercatat sebanyak 91 rumah rusak ringan dan 10 rusak sedang,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Ciamis Ani Supiani, Selasa (30/4/2024).

Sedangkan untuk bangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang rusak antara lain bangunan penggilingan padi di Kecamatan Cimaragas. Bangunan Kober Permata Hati tidak berat di Desa Langkapsari, Kecamatan Banjaranyar. Dua masjid di Kecamatan Cihaurbeuti rusak ringan.

Ada 7 keluarga yang terdiri dari 24 jiwa mengungsi di kerabat terdekatnya. Rinciannya 1 keluarga di Panyingkiran Ciamis, 1 keluarga di Sukamaju Cihaurbeuti, 1 keluarga di Kalijaya Banjaranyar, 1 keluarga di Sindangsari Cikoneng, dan tiga keluarga di Kecamatan Lakbok.

“Korban yang mengungsi sementara di Keluarga dan kerabat terdekat,” kata Ani.

Ani menegaskan BPBD Ciamis masih terus melakukan kaji cepat, pendataan dan penilaian kerusakan akibat gempa Garut dibantu aparat setempat dan relawan. Untuk penanganan, BPBD Ciamis juga telah mendistribusikan bantuan 29 paket sembako, 16 terpal, 2 selimut dan 5 matras.

“Pada saat terjadi gempa Garut juga terdapat 2 warga yang mengalami luka ringan akibat tertimpa puing bangunan. Kini sudah ditangani dan dalam perawatan,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Tingkatkan Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan Ciamis Gelar Lomba Story Telling Tingkat SD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Ciamis menggelar lomba story telling tingkat SD/MI. Lomba itu digelar di Aula STIKes Muhammadiyah, Kabupaten...

Kodim Ciamis Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Puncak Bukit Cinyasag Panawangan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kodim 0613 Ciamis bersama masyarakat melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih dan pembentangan bendera raksasa. Kegiatan itu dilaksanakan di Puncak Bukit...

Disdik Ciamis Raih Penghargaan Peningkatan Skor Indeks SPM Pendidikan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis meraih penghargaan Peningkatan Skor Indeks Pencapaian (SPM) Standar Pelayanan Minimal Pendidikan. Penghargaan itu diraih secara berturut-turut pada...

Hasil Survei Partai Golkar, Herdiat Sunarya Diunggulkan di Pilkada Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Partai Golkar telah melakukan survei pertama untuk calon kepala daerah pada Pilkada 2024. Hasil survei itu, Partai Golkar Ciamis menyatakan Herdiat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya