Kamis, Mei 2, 2024

Permintaan Domba Ciamis Jelang Idul Adha Meningkat 30 Persen

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wabah PMK yang umumnya menyerang ternak sapi berimbas baik pada permintaan domba Ciamis yang meningkat jelang idul adha. Meski masih beberapa pekan, namun peningkatan permintaan domba mencapai 30 persen.

Hal tersebut dirasakan oleh para peternak domba di Pasar Ternak Cigembor Ciamis. Mereka terlihat sumringah dan semangat menjajakan domba yang siap untuk ibadah kurban.

“Alhamdulillah sekarang permintaan mengalami kenaikan. Mungkin karena ada penyakit PMK,” ujar salah seorang peternak asal Sindangkasih saat berada di Pasar Ternak Cigembor, Minggu (19/6/2022).

Selain permintaan meningkat, harga domba saat ini pun cukup tinggi. Per ekor kenaikannya rata-rata bisa mencapai Rp 500 ribu. Namun hal tersebut sudah menjadi biasa ketika menjelang kurban atau Idul Adha.

Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Ciamis membenarkan tingginya permintaan domba Ciamis. Namun peningkatan tersebut belum begitu signifikan.

“Peningkatan memang ada. Jadi yang tadinya sapi sekarang ke domba. Sekarang kenaikan permintaan sekitar 20-30 persen belum begitu signifikan,” ujar Sekjen HPDKI Ciamis Cece Mulyadi.

Cece berharap seiring menjelang Idul Adha, permintaan domba terus mengalami peningkatan. Hal ini juga berpengaruh terhadap harga domba yang juga ikut naik sekitar Rp 500 ribu per ekor atau bobot hidup sekitar 84 kilogram.

“Rata-rata domba atau kambing yang dibeli untuk kurban Rp 3 juta sampai Rp 3,5 juta,” jelasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pesan Pj Bupati Ciamis di Hari Pendidikan Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah tahun 2024 digelar di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (02/05/2024). Tema Hardiknas...

Jelang Pilkada 2024, PDIP Ciamis Silaturahmi ke Partai Nasdem

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPC PDIP Ciamis terus melakukan safari politik jelang Pilkada Ciamis 2024, salah satunya dengan melakukan silaturahmi ke Partai Nasdem di Kelurahan...

13 Keluarga di Ciamis Mengungsi Usai Rumah Retak gegara Pergerakan Tanah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pergerakan Tanah terjadi di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, mengakibatkan puluhan rumah mengalami retak-retak. 13 keluarga terpaksa mengungsi di musala...

Liga 3 Nasional, PSGC Ciamis Libas Persim Maros 2-0

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis kembali berhasil meraih poin penuh dalam laga lanjutan grup G Liga 3 Nasional. Kali ini PSGC Ciamis mengalahkan Persim...

Terpopuler

Lainnya