Senin, April 29, 2024

Cegah Stunting, Dinkes Ciamis Beri Tips Calon Pengantin Kesehatan Reproduksi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kesehatan (Dinkes) Ciamis memberikan sosialisasi soal kesehatan reproduksi kepada calon pengantin. Tujuannya untuk mencegah generasi stunting dan gizi buruk.

Sosialisasi tersebut diberikan saat Kemenag Kabupaten Ciamis menggelar Bimbingan Perkawinan Pranikah bagi calon pengantin, Kamis (16/6/2022).

Kabid Kesmas Eni Rochaeni yang juga dokter cinta ini menyampaikan janji nikah merupakan awal kesepakatan. Saling memberi ketenangan (sakinah), mengembangkan hubungan atas dasar cinta dan kasih (mawaddah wa Rahmah).

Dalam kesempatan ini dokter cinta memberikan tips pada calon pengantin soal kesehatan reproduksi. Supaya dapat melahirkan generasi sehat, berkualitas dan bebas stunting.

Mulai dari menjalankan Gerakan masyarakat sehat (Germas), menjalankan PHBS Rumah tangga. Melakukan pengecekan kesehatan pasangan calon pengantin. Mempersiapkan gizi termasuk minum TTD dan Asam Folat. Imunisasi T dan menjaga kebersihan organ reproduksi.

“Mengajak semua calon pengantin, setelah menikah nanti untuk rajin datang keposyandu untuk menjaga kesehatan keluarga,” ujar Eni.

Sementara itu, Annisa Potapatria, Nutrisionis Dinkes Ciamis dalam kesempatan ini menyampaikan tentang ASI Ekslusif dan Inisiasi Menyusui Dini (IMD).

“IMD yaitu bayi mulai disusui segera setelah dilahirkan tanpa dibersihkan dahulu.Biarkan bayi mencari dan mengisap puting susu walaupun ASI belum keluar,” ujarnya.

Hal ini untuk menjaga kedekatan psikologis antara ibu dan bayi dan mencegah terbuangnya air susu ibu pertama (Kolustrum). Pemberian ASI secara ekslusif adalah bayi hanya diberi ASI saja tanpa tambahan makanan selama 6 bulan. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dampak Gempa M 6,5 Garut, 2 Rumah di Mekarjaya Ciamis Ambruk dan Rusak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dampak gempa berkekuatan 6,5 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Garut, dua rumah di Desa Mekarjaya, Kabupaten Ciamis ikut terdampak, Sabtu (27/4/2024). Berdasarkan data,...

Cocok untuk Kulit Sawo Matang, Rekomendasi Warna Kebaya Ini Bikin Kamu Tampak Cerah!

Rekomendasi warna kebaya ini bisa menjadi pilihan pas untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang. Warna kebaya menjadi poin yang mesti dilingkari karena berpengaruh...

5 Tips Membuat Artikel Bagi Pemula, Mudah Kok!

Tips membuat artikel sangatlah mudah, loh. Tips ini bahkan bisa diterapkan bagi para penulis pemula. Penasaran gimana caranya? Simak artikel ini sampai akhir, ya. Artikel...

Curug Green Stone Banyumas: Info HTM hingga Alamat

Curug Green Stone Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang memiliki pemandangan indah. Objek wisata ini merupakan satu dari rangkaian Wisata...

Terpopuler

Lainnya