Minggu, April 28, 2024

Target Cipta Lapangan Kerja Kabupaten Ciamis Capai 60 Persen

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam Visi Misi Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menargetkan membuka sebanyak 10.000 lapangan kerja. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis telah mendata sebanyak 6109 tenaga kerja asli Ciamis.

Sekretaris Disnaker Ciamis Dase Fadlil Yusdi Mubarak menyampaikan, jumlah tersebut terhitung mulai tahun 2019 hingga 2021 dan akan terus update.

“Kita terus melakukan pendataan, updating data pekerja dari Ciamis,” kata Dase, Selasa (10/5/2022).

Dase menuturkan, jika mengacu pada jumlah pembuat Kartu Kuning (AK1) jumlahnya mencapai 30.198 orang. Namun, dari jumlah teraebut tidak semua pembuat AK1 kembali melapor ketika sudah mendapat pekerjaan. Sehingga masih banyak para pekerja yang belum terdata.

“Terkait pendataan, pada setiap kartu AK1 kita sudah memberi imbauan agar segera melapor ketika sudah menerima pekerjaan. Tapi kebanyakan mereka yang lupa atau tidak membaca imbauan dari kami di kartu AK1 itu,” ungkapnya.

Dase menerangkan, pihaknya sedang merancang pola agar pendataan pekerja lebih update. Sehingga setiap masyarakat Ciamis yang sudah membuat AK1 yang sudah mendapat pekerjaan langsung dapat terdata.

Selain itu, untuk lebih menjangkau masyarakat Ciamis, pihaknya tengah merancang pola sosialiasi dan pelayanan jemput bola. Dengan menggunakan kendaraan khusus secara mobile ke wilayah-wilayah pedesaan, sehingga informasi dan pelayanan lebih dekat.

“Kita sebenarnya telah mengonsep unit pelayanan jemput bola melalui kendaran khusus untuk lebih dekat kepada masyarakat. Agar informasi mengenai Lapangan Kerja untuk masyarakat Ciamis dapat dengan cepat dan masif tersampaikan. Selain itu, pelayanan pembuatan AK1 dapat lebih dekat,” pungkas Dase. (RMI/Djavatoday)

Dampak Gempa M 6,5 Garut, 2 Rumah di Mekarjaya Ciamis Ambruk dan Rusak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dampak gempa berkekuatan 6,5 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Garut, dua rumah di Desa Mekarjaya, Kabupaten Ciamis ikut terdampak, Sabtu (27/4/2024). Berdasarkan data,...

Cocok untuk Kulit Sawo Matang, Rekomendasi Warna Kebaya Ini Bikin Kamu Tampak Cerah!

Rekomendasi warna kebaya ini bisa menjadi pilihan pas untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang. Warna kebaya menjadi poin yang mesti dilingkari karena berpengaruh...

5 Tips Membuat Artikel Bagi Pemula, Mudah Kok!

Tips membuat artikel sangatlah mudah, loh. Tips ini bahkan bisa diterapkan bagi para penulis pemula. Penasaran gimana caranya? Simak artikel ini sampai akhir, ya. Artikel...

Curug Green Stone Banyumas: Info HTM hingga Alamat

Curug Green Stone Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang memiliki pemandangan indah. Objek wisata ini merupakan satu dari rangkaian Wisata...

Terpopuler

Lainnya