Minggu, April 21, 2024

Cek Ongkir dan Pengiriman, Install RajaOngkir Sekarang

Cek ongkir dan pengiriman barang bisa dilakukan dari smartphone Anda, dengan menggunakan aplikasi RajaOngkir. Kelebihan dari aplikasi ini adalah tarif ongkos kirim yang update sesuai database berbagai ekspedisi. Anda juga bisa melihat perbandingan untuk mendapatkan ongkir termurah.

Sebagai contoh, ongkir dari Jakarta ke Sorong adalah 105.000 via JNE dan 110.000 via J&T dengan estimasi 1-4 hari. Saat mengecek tarif di RajaOngkir, Anda akan menemukan ongkir termurah 94.500 menggunakan jasa Lion Parcel dengan estimasi 1-3 hari. Kemungkinan besar orang akan memilih Lion Parcel, ongkir lebih murah dan pengiriman lebih cepat.

Cara Cek Ongkir dan Pengiriman Barang

Pertama-tama Anda perlu memasang aplikasi RajaOngkir terlebih dulu dari Playstore untuk Android atau App Store untuk iOS. Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena hanya terdapat tiga menu; Domestic, International, dan Track Package.

Saat pertama kali membuka aplikasi, pengguna akan langsung dihadapkan pada menu Domestic yang berisi formulir Origin (Tempat Barang Berasal), Destination (Tujuan Pengiriman), dan Weights (berat barang ditulis dalam gram).

Baca Juga: Yahoo Groups Tutup Selamanya Pada 15 Desember 2020

Sebelum mengecek ongkir, pastikan Anda tahu kemana barang akan diantar, alangkah lebih baik jika Anda memasukkan kecamatan tidak hanya nama kota atau kabupaten saja. Karena setiap kecamatan bisa memiliki tarif ongkir berbeda, sehingga diperlukan tarif yang akurat untuk menghindari kerugian dalam transaksi jual beli online.

Berikut ini cara cek ongkir dan pengiriman barang di RajaOngkir:

  • Buka aplikasi RajaOngkir
  • Akan langsung muncul formulir Domestic untuk pengiriman dalam negeri.
  • Pada kolom Origin, masukkan tempat Anda akan mengirim barang.
  • Selanjutnya pada kolom Destination, masukkan tempat tujuan pengiriman barang.
  • Karena ongkir ekspedisi dipatok tarif per kilo, maka isi 1.000 di kolom Weights (grams).
  • Klik Check, maka semua tarif dari berbagai ekspedisi akan muncul diurutkan dari yang termurah.

Memilih ongkos kirim termurah tidak selamanya dijadikan solusi. Pelayanan ekspedisi di tiap wilayah bisa berbeda-beda, mengingat jasa ekspedisi dijalankan oleh manusia. Terkadang bisa lebih cepat dari estimasi, namun bisa juga lebih lambat. Memantau pengiriman barang secara berkala sangat dianjurkan supaya barang tidak hilang.

Cara Melacak Pengiriman Barang

Tracking atau melacak pengiriman barang juga bisa dilakukan di aplikasi RajaOngkir. Caranya pun cukup mudah, keunggulannya Anda bisa melihat status terakhir keberadaan barang karena sistem pelacakan memberi laporan secara detail.

Panduan melacak paket:

  • Pada aplikasi RajaOngkir, pilih menu Track Package.
  • Di sudut kanan bawah, klik tombol + yang berbentuk bulat oranye.
  • Masukkan nomor resi di kolom Waybill number.
  • Di kolom Courier, pilih ekspedisi yang digunakan.
  • Klik OK, maka akan muncul status keberadaan barang.
  • Jika status terakhir “With Delivery Courier” artinya barang sedang diantar ke alamat penerima.

Ketika melakukan transaksi jual beli online, tanyakan pada penjual kapan nomor resi bisa diterima. Biasanya penjual memberikan nomor resi sehari sesudah transfer atau H+1. Hal ini dikarenakan penjual mengemas order mengikuti jam keberangkatan ekspedisi. Jika transaksi terjadi lewat dari jam operasional maka barang dikirim keesokan harinya.

Anda juga bisa melakukan cek ongkir dan pengiriman barang ke luar negeri. Pilih menu International, kemudian isi kolom Origin dengan negara asal dan Destination untuk negara tujuan. Perlu diketahui bahwa tidak semua cabang dari ekspedisi menyanggupi kirim ke luar negeri. Semisal Lion Parcel, kirim barang ke luar negeri baru bisa lewat cabang Jakarta. (Dewi/Djavatoday)

Deretan HP di Bawah 2 Jutaan, Harga April 2024

Halo good people. Saat ini pembelian alat elektronik terutama gadget sedang meningkat nih. Hal ini karena sudah banyak yang mendapatkan THR atau Tunjangan Hari...

Vivo V30 Pro, Review Desain, Kamera, hingga Baterai

Vivo V30 Pro merupakan ponsel pintar terbaru dari V series yang baru rilis sejak satu bulan lalu dengan harga 9 jutaan. Ponsel pintar ini...

Redmi Note 13 Pro+, Memori Luas untuk Harga 6 Juta!

Redmi Note 13 Pro+ telah rilis beberapa waktu lalu dengan berbagai spesifikasi menarik yang menjadi andalannya. Beberapa spesifikasi yang smartphone ini tonjolkan adalah terletak...

Perbedaan Microsoft 365 dengan Microsoft Office 2021

Halo good people. Beberapa pengguna Microsoft office tidak mengetahui perbedaan Microsoft 365 dengan Microsoft Office 2021. Apa saja sih perbedaannya? Yuk kita bahas. Siapa yang...

Terpopuler

Lainnya