Senin, Juni 17, 2024

Membantu Siklus Menstruasi, Berikut Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Manfaat kulit manggis kerap diabaikan karena rasa pahitnya yang membuat masyarakat enggan untuk mengonsumsinya. Namun, kini telah hadir olahan kulit manggis dalam bentuk produk siap konsumsi seperti kapsul. Dengan begitu, orang-orang yang tidak mempunyai keinginan untuk mengolahnya bisa turut serta merasakan khasiatnya. Kamu juga bisa membelinya di toko-toko online, sudah banyak yang menyediakannya.

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan, Jangan di Skip!

Kulit manggis cukup berpotensi dalam menjaga kesehatan tubuh. Ulasan khasiat dari kulit manggis di bawah ini bisa jadi alternatif untuk mengatasi kondisi yang tidak kamu inginkan. Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak penjelasan berikut!

Membantu siklus menstruasi

Saat menstruasi, beberapa perempuan acapkali mengalami hal yang tidak mengenakkan. Gejala-gejala seperti peradangan dan nyeri haid tentu membuat aktivitas terganggu. Apakah kamu tahu, bahwa kulit manggis memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan rahim? Hanya dengan mengonsumsi olahan kulit manggis yang mengandung inflamasi, peradangan dan nyeri yang kamu rasakan akan teratasi. 

Mencegah kanker

Manfaat kulit manggis memiliki peran penting dalam mencegah kanker. Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam daging sekaligus kulitnya dapat menunda pertumbuhan sel kanker. Pembentukan jaringan ganas yang terjadi di beberapa organ vital juga akan ikut terhambat.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Kedokteran gigi telah memanfaatkan kulit manggis berkat sifat antibakteri yang terkandung di dalamnya. Adanya infeksi akar gigi, karies gigi, serta masalah yang timbul sebab pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut dapat terhambat dengan menjadikan ekstrak kulit manggis sebagai alternatif perawatan kesehatan gigi dan mulut. 

Meningkatkan kekebalan tubuh

Meski ada banyak cara untuk mengatasinya, daya tahan tubuh menurun bisa bikin rutinitas berantakan karena tidak ada semangat. Beberapa yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun di antaranya adalah konsumsi makanan tak sehat dan kurang istirahat. Kamu bisa menstabilkan bahkan meningkatkan daya tahan tubuh dengan memanfaatkan mineral dan vitamin yang ada pada kulit manggis.

Menjaga kesehatan ginjal

Manfaat berikutnya adalah melindungi ginjal dari kerusakan akibat radikal bebas. Dalam kulit manggis, terdapat senyawa yang berkontribusi dalam meningkatkan fungsi ginjal. Selain itu, kulit manggis juga dapat mengurangi risiko batu ginjal serta penyakit ginjal polikistik. 

Itu dia ragam manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh. Selain dapat ditemukan dalam bentuk kapsul, kamu juga bisa mengolahnya menjadi teh herbal. Yuk, rasakan khasiatnya! (Karin/Djavatoday) 

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...

8 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Sehat!

Makanan rendah kalori merupakan asupan yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan diet dengan cara sehat. Untuk menurunkan badan atau memiliki tubuh yang ideal,...

Patut diwaspadai! Ini Dia Efek Samping Mengonsumsi Telur Mentah bagi Kesehatan

Mengonsumsi telur mentah yang disimpan dengan tidak higienis mempunyai sejumlah risiko berbahaya. Bagi sebagian orang, makan telur mentah sudah menjadi hal yang biasa, pun...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya