Senin, Juli 15, 2024

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi jika harus bertemu banyak orang, kamu bisa mengikuti tips mengatasi mata sembab di bawah ini.

Mata sembab bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti menangis terlalu lama, kurang tidur, digigit serangga, hingga alergi. Tak hanya menjadi gejala infeksi mata yang membuat penderitanya terganggu, mata sembab juga bisa bikin penampilan tampak tidak meyakinkan. Kerap terlihat lelah dan kurang fresh, hal itulah yang menurunkan rasa percaya diri seseorang karena merasa tak nyaman dengan kondisinya. Ada beberapa orang yang membiarkannya, menunggu hingga mata sembab hilang dengan sendirinya. Padahal, ada cara mudah untuk mengatasinya, hanya dengan bahan sederhana yang bisa kamu temukan di rumah.

Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Tips-tips berikut siap membantu kamu tampil di depan umum dengan kondisi area mata yang tampak lebih baik dari sebelumnya. Yuk disimak!

Tempelkan irisan mentimun

Mengatasi mata sembab salah satunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan kandungan air dari timun yang berfungsi sebagai moisturizer, hingga mampu mempertahankan elastisitas kulit. Timun juga terkenal dengan kandungan vitamin c, antioksidan, serta folic acid yang dipercaya dapat mengatasi mata sembab. Cara mengaplikasikannya, kamu bisa memasukkan irisan timun ke dalam lemari es terlebih dahulu, setelah itu baru tempelkan timun di mata dan diamkan sekitar 10 sampai 15 menit.

Kompres dingin

Kompres dingin dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi pada area mata. Biasanya mata sembab akan berkurang beberapa saat setelah mengompresnya dengan air dingin. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu menggunakan handuk kecil yang kemudian dibasahi dengan air dingin. Lalu letakkan handuk tersebut di bagian bawah mata selama 15 menit. 

Manfaatkan kantung teh

Ada banyak jenis teh yang direkomendasikan untuk mengatasi mata sembab berkat kandungan kafeinnya, seperti teh hitam, teh hijau, chamomile, dan lavender. Caranya cukup dengan menyiapkan 2 kantung teh yang sudah dibasahi, lalu diamkan di dalam kulkas. Setelah beberapa menit, kamu bisa mengaplikasikan dua kantung teh tersebut di area mata yang sembab. Tunggu selama 20-30 menit.

Gunakan sendok dingin

Mengatasi mata sembab selanjutnya bisa kamu lakukan dengan menggunakan sendok logam yang sudah didinginkan di dalam kulkas. Permukaan sendok yang dingin dapat membantu mengencangkan kulit di sekitar mata. Cara menggunakannya, masukkan sendok ke dalam kulkas selama 8-10 menit. Setelah dingin, tempelkan bagian cembung sendok ke bawah mata, tahan beberapa menit hingga dinginnya hilang. 

Aplikasikan eye cream menggunakan eye roller

Untuk mengurangi mata sembab selanjutnya, kamu dapat mengaplikasikan eye cream menggunakan eye roller supaya bisa sekaligus memijat kulit sekitar mata. Eye roller juga dilengkapi dengan gel pendingin yang mengandung kafein, dapat melembapkan serta mengurangi mata bengkak.

Itu dia 5 cara mengatasi mata sembab dengan mudah dan cepat! Namun, apabila anda mengalami gejala yang berlebihan hingga timbul rasa nyeri, cepat-cepatlah untuk periksa ke dokter. (Karin/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...

5 Cara Efektif Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Meredakan sakit gigi bisa dilakukan dengan bantuan dokter atau menggunakan bahan alami, sehingga kamu dapat melakukannya sendiri di rumah. Sebelum makin parah, cobalah untuk...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya