Kamis, Juli 11, 2024

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya, mengonsumsi teh susu dapat menimbulkan efek samping yang membuat kesehatan terganggu. Teh yang dicampurkan dengan susu bisa membuat penyerapan zat besi menjadi bermasalah serta menimbulkan macam-macam efek samping lainnya.

Milk tea atau minuman yang merupakan kombinasi antara teh dengan susu kini telah lazim dinikmati bahkan banyak disukai, terutama di Asia. Cara menyajikannya pun berbeda di setiap wilayah, tentu dengan komposisi tertentu yang menjadikannya minuman kesayangan di berbagai kalangan. Dengan perpaduan rasanya yang manis, teh susu kerap disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin.

Minum Teh Campur Susu, Berikut Efek Samping yang Harus Kamu Ketahui

Teh susu atau yang juga dikenal dengan nama milk tea bukan lagi kombinasi biasa yang membosankan, melainkan salah satu minuman yang sudah cukup populer dan ramai peminat. Jika kamu salah satu dari banyaknya orang yang menyukai perpaduan teh dan susu, ada baiknya kamu mengetahui dampak negatif yang bisa terjadi setelah mengonsumsinya. Untuk lebih jelasnya, mari simak efek samping minum teh campur susu berikut ini!

Sembelit

Minum teh campur susu dapat menyebabkan sembelit. Kandungan teofilin yang ada pada teh dapat membantu proses detoksifikasi tubuh, tapi apabila jumlahnya terlalu banyak maka akan menyebabkan dehidrasi dan sembelit. Hal ini bisa juga terjadi karena laktosa yang terkandung dalam susu. 

Sakit kepala

Mengonsumsi teh susu tidak bisa menghilangkan rasa haus, justru sebaliknya. Efek samping yang dapat terjadi di antaranya yaitu dehidrasi, yang kemudian dapat menyebabkan sakit kepala akibat kandungan kafein di dalamnya. Apalagi jika diminum dalam keadaan perut kosong.

Defisiensi nutrisi

Minum teh campur susu dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan defisiensi atau kekurangan gizi. Penyerapan nutrisi penting dalam tubuh akan terhambat ketika kamu mengonsumsi teh dan susu secara bersamaan. Terlalu banyak minum teh juga bisa bikin tubuh kekurangan zat besi dan zink. 

Cemas

Tak hanya memiliki efek samping yang berpengaruh terhadap kondisi fisik, minum teh susu juga berisiko mengganggu kesehatan mental seperti meningkatkan kecemasan, gelisah, bahkan stres. Maka janganlah terlalu sering mengonsumsinya, apalagi teh dapat memicu ketidakseimbangan dalam otak hingga timbul rasa cemas yang berlebihan.

Insomnia

Layaknya kopi, teh hitam yang sering digunakan untuk membuat milk tea memiliki kandungan kafein yang tinggi. Seperti yang sering kita dengar, mengonsumsi kafein dalam jumlah yang melebihi batas maksimal dapat menyebabkan insomnia atau sulit tidur yang berkelanjutan.

Cobalah untuk menghentikan kebiasaan mengonsumsi teh susu, apalagi sampai diberi tambahan gula. Kandungan yang seharusnya membawa pengaruh baik terhadap kesehatan justru akan berbanding terbalik. Tetap jaga kondisi tubuh dengan mengonsumsi makanan serta minuman yang menyehatkan. (Karin/Djavatoday)

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...

5 Cara Efektif Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Meredakan sakit gigi bisa dilakukan dengan bantuan dokter atau menggunakan bahan alami, sehingga kamu dapat melakukannya sendiri di rumah. Sebelum makin parah, cobalah untuk...

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging kambing ternyata begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya