Kamis, April 11, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciri Penyakit Amandel, Yuk Kenali Sedini Mungkin!

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciri penyakit amandel bisa kita lihat dari gejala-gejala umum yang mudah terlihat. Dengan mengenali gejala amandel maka kamu memiliki waktu yang lebih cepat untuk menyembuhkannya. Hal ini tentunya harus melibatkan dokter untuk penanganan yang lebih lanjut.

Sebelum mengenali gejala penyakit ini, mari kita mempelajari apa yang dimaksud dengan amandel. Amandel merupakan kondisi ketika amandel atau tonsil mengalami peradangan atau infeksi.

Namun, bagaimanakah cara kita mengidentifikasi penyakit amandel? Pasalnya, amandel merupakan salah satu penyakit radang di sekitar tenggorokan. Penyakit ini memiliki ciri yang sama dengan sariawan tenggorokan, dan beberapa penyakit lainnya. Baca artikel ini sampai akhir untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Ciri Penyakit Amandel

Berikut ciri penyakit amandel yang umum muncul dan mudah diketahui.

Timbul rasa nyeri ketika menelan

Ciri penyakit amandel yang paling mudah dikenali adalah adanya rasa nyeri ketika menelan makanan ataupun minuman. Hal ini terjadi karena amandel akan membentuk benjolan pada tenggorokan yang apabila dilalui makanan atau minuman akan terasa nyeri.

Bahkan tak hanya makan dan minum. Hanya menelan saliva pun kamu akan merasakan sakit. Rasa nyeri yang ditimbulkan akan membuatmu tidak nyaman dan sulit makan. Dalam kondisi yang parah, amandel bisa menghalangi makanan masuk ke dalam tenggorokan.

Bagian kepala terasa tidak enak

Amandel dapat menyebabkan penderitanya memiliki gangguan pada daerah sekitar kepala. Beberapa gejala umum yang biasa terjadi adalah rasa kaku pada leher, nyeri pada area sekitar telinga, dan sakit kepala. Kondisi tersebut tentunya akan merambat pada kesehatanmu, sebab sakit kepala biasanya membuat seluruh badan merasakan lemas dan sakit.

Kesulitan membuka mulut

Ciri penyakit amandel juga bisa diidentifikasi ketika kamu kesulitan dalam membuka mulut. Pembengkakan pada daerah sekitar tenggorokan akan membuat mulutmu sulit digerakkan. Tak hanya itu, kamu juga akan merasakan sakit ketika membuka mulutmu.

Sulitnya membuka mulut juga dapat disertai dengan kesulitan bernapas. Gejala ini biasanya muncul pada kondisi yang gawat darurat,

Tubuh terasa sakit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, amandel dapat membuat tubuh menjadi tidak vit. Penderita amandel akan mudah merasa lelah dan sulit tidur. Amandel juga dapat menimbulkan gejala lain yang lebih berat seperti demam dan menggigil dalam jangka waktu yang relatif panjang. Tak jarang, amandel juga bisa menimbulkan batuk.

Lidah tampak berbulu

Ciri penyakit amandel yang terakhir bisa kamu lihat dari tekstur lidah. Orang yang mengalami penyakit amandel memiliki lidah yang terlihat berbulu dan pucat. Hal ini terjadi karena air liur tidak dapat terkontrol dengan baik. Jika diperiksa lebih dalam, amandel memiliki bintik-bintik berisi nanah yang berada pada daerah sekitar tenggorokan.

Ciri penyakit amandel di atas bisa menjadi rujukan bagi kamu yang merasa sedang mengidap penyakit ini. Jika kamu merasa ciri di atas sama dengan gejala yang kamu alami maka segerala pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. (Ume/Djavatoday)

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis....

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

Tips Manjur Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal paling penting yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Peran gigi sangatlah berpengaruh terhadap sistem pencernaan manusia, sebab...

Terpopuler

Lainnya