Minggu, April 14, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

5 Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan Tubuh

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Manfaat teh hijau sangat banyak, loh. Kamu bisa menjadikan minuman yang satu ini sebagai ramuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Teh hijau bahkan sudah dipercaya mampu menjadi obat tradisional, loh.

Teh hijau atau green tea awalnya digunakan oleh masyarakat Cina sebagai pengobatan tradisional sejak ribuan tahun lalu. Kemudian teh hijau semakin dikenal sejak masa dinasti Kaisar Shen Nung.

Saat ini teh hijau sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Mereka menjadikan teh hijau sebagai minum herbal untuk menjaga kesehatan tubuh. Lalu, apa saja sih manfaat dari minuman yang satu ini? Simak informasi lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Manfaat Teh Hijau

Cocok untuk diet

Manfaat teh hijau yang pertama adalah sebagai minuman diet. Teh hijau dapat membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh.  Kandungan katekin di dalam teh hijau akan membantu mengurangi lemak berlebih pada tubuh seseorang. Maka tak heran jika minuman yang satu ini menjadi minuman andalan bagi para pejuang diet.

Mencegah kolesterol

Penyakit kolesterol saat ini menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita orang Indonesia. Teh hijau bisa kamu jadikan sebagai minuman yang dapat mengontrol kolesterol tubuh, loh. Hal ini terjadi karena teh hijau mengandung polifenol yang mampu menghalangi kolesterol diserap oleh usus.

Mencegah diabetes

Manfaat teh hijau yang berikutnya yaitu mencegah diabetes. Sama seperti kolesterol, penyakit diabetes juga memiliki prevalensi yang cukup tinggi di Indonesia.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa teh hijau dapat meningkatkan kinerja insulin serta membantu mengurangi kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, mengkonsumsi teh hijau diklaim dapat mengurangi risiko terkena diabetes.

Menghilangkan bau mulut

Punya masalah bau mulut? Cobain deh konsumsi teh hijau ini. Kandungan tanin pada teh hijau memiliki sifar antibakteri, sehingga dapat mencegah pembentukan bakteri di dalam mulut. Teh hijau juga dapat mencegah terjadinya karies gigi dan pembentukan plak pada gigi. Teh hijau bahkan sudah dijadikan sebagai obat kumur tradisional sejak zaman dulu.

Mencegah penuaan dini

Manfaat teh hijau yang terakhir yaitu dapat mencegah penuaan dini. Sebagai manusia yang banyak berinteraksi dengan dunia luar, penampilan diri tentu menjadi hal yang utama. Kamu pasti menginginkan penampilan yang sehat dan segar, bukan?

Nah, untuk menjaga tubuh agar tidak mengalami penuaan dini maka kamu bisa memanfaatkan teh hijau. Kandungan polifenol pada teh hijau akan membantu menetralisir radikal bebas yang berpotensi merusak kulit secara signifikan.

Itu dia manfaat teh hijau bagi kesehatan. Konsumsilah dengan jumlah yang wajar agar kamu dapat merasakan manfaatnya. (Ume/Djavatoday)

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis....

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

Tips Manjur Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal paling penting yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Peran gigi sangatlah berpengaruh terhadap sistem pencernaan manusia, sebab...

Terpopuler

Lainnya