Kamis, Juni 20, 2024

5 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan, Bagus untuk Diet!

Manfaat beras merah gak hanya cocok untuk diet saja loh. Nyatanya bahan makanan yang satu ini memiliki berbagai macam manfaat lain yang dapat berguna bagi kesehatan tubuh. Beras merah adalah salah satu jenis beras yang umum kita temui. Beras merah banyak ditemui di berbagai negara di Asia.

Banyak orang beranggapan bahwa beras merah lebih baik dibanding dengan beras putih. Beras ini memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dan mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh.

Beras merah juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Data Komposisi Pangan Indonesia, menyebutkan 100 gram nasi beras merah mengandung energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, fosfor, kalsium, zat besi, natrium, kalium, tembaga, dan seng. Kandungan-kandungan ini membuat beras merah menjadi makanan sehat yang banyak dipilih.

Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan

Berikut manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh.

Mencegah peningkatan gula darah

Manfaat beras merah yang pertama yaitu dapat mencegah adanya peningkatan gula dalam darah. Hal ini terjadi karena beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada beras putih. Dengan begitu maka mengkonsumsi beras merah dapat membantu mencegah peningkatan gula akibat asupan makanan. Oleh karena itu, penderita diabetes dianjurkan untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah.

Cocok untuk program diet

Beras merah banyak dikonsumsi oleh para pejuang diet. Kandungan kalori pada beras merah tidak terlalu tinggi sehingga cocok untuk diet dan menjaga berat badan. Beras merah juga dapat melancarkan pencernaan dan membuat perut menjadi kenyang lebih lama. Dengan begitu maka rasa lapar akan berkurang dan kamu bisa mengurangi frekuensi makan.

Melancarkan pencernaan

Manfaat beras merah yang berikutnya yaitu dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh. beras merah memiliki kandungan serat larut dan tak larut yang berpengaruh positif bagi tubuh. Mengkonsumsi beras merah dapat memudahkan pergerakan usus dan meningkatkan saluran pencernaan. Beras merah sangat baik untuk mengatasi diare.

Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam darah. Keadaan ini dipicu oleh penimbunan plak yang menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah. Mengkonsumsi beras merah dapat mencegah timbulnya timbunan plak akibat kolesterol jahat.

Menjaga kesehatan kulit

Manfaat beras merah yang terakhir yaitu dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan kulit. Beras merah memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi risiko terjadinya penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus. Beras ini juga mengandung sejumlah mineral yang dapat berfungsi untuk menutrisi kulit serta mengatasi kerusakan kulit yang disebabkan sinar ultraviolet (UV).

Itulah manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh kita. Kamu juga bisa berkreasi dengan bahan makanan yang satu ini, loh. Tapi jangan lupa perhatian kalorinya, ya. (Ume/Djavatoday)

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging kambing ternyata begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik.

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...

8 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Sehat!

Makanan rendah kalori merupakan asupan yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan diet dengan cara sehat. Untuk menurunkan badan atau memiliki tubuh yang ideal,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya