Rabu, Oktober 27, 2021

Wabup Ciamis Tinjau Pembangunan Masjid Besar Al Qausain Banjarsari

Djavatoday.com, Ciamis – Wakil Bupati (Wabup) Ciamis Yana D Putra tinjau pembangunan Masjid Besar Al Qausain yang berada di Desa Ciulu Kecamatan Banjarsari, Salasa (29/06/2021).

Pelaksanaan peninjauan tersebut dilakukan usai penyampaian sosialisasi kewaspadaan Covid-19 di Kantor Kecamatan Banjarsari. 

Baca juga:

Kehadiran orang nomor dua di Ciamis tersebut disambut oleh Kepala Desa Ciulu beserta para panitia pembangunan Masjid Besar Al Qausain.

Pada kesempatan tersebut, Yana menyampaikan kepada panitia akan berusaha membantu pembangunan masjid tersebut dengan ketersediaan anggaran yang ada. 

“Insyaallah dari APBD akan menganggarkan, akan tetapi  nominalnya belum pasti karena disesuaikan dengan ketersediaan anggaran,” katanya. 

Wabup Ciamis Tinjau Pembangunan Masjid
Kondisi proyek pembangunan masjid besar Al Qaunain di Desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari, Ciamis-Jabar. (Foto: AMR)

Ia pun menjelaskan, perihal anggaran Pemkab Ciamis banyak yang di refocusing. Hal ini sangat berdampak pada rencana pembangunan di Kabupaten Ciamis. 

“Akibat adanya refocusing anggaran banyak terpotong, sehingga beberapa program pembangunan menjadi sedikit terhambat,” ucapnya. 

Saat tinjau pembangunan masjid, Wabup Ciamis inipun menerangkan bahwa Pemerintah Daerah senantiasa mendukung setiap pembangunan. Namun dikarenakan situasi pandemi sehingga pemerintah tidak bisa membantu secara optimal di beberapa pembangunan yang telah direncanakan oleh masyarakat. 

Dalam pelaksanaan pembangunan, ia mengingatkan agar panitia transparan dalam pengelolaan anggaran. Agar proses pembangunan lancar dan didukung oleh masyarakat. 

“Mudah-mudahan pembangunan masjid kedepannya bisa berjalan lancar dan pandemi Covid-19 bisa segera berakhir, ” ujarnya. 

Sementara itu Kepala Desa Ciulu, Ramli mengatakan, pembangunan masjid sudah dimulai sejak tahun 2016 dengan anggaran Rp 13,5milyar.

Akan tetapi sampai saat ini belum selesai karena terkendala dengan anggaran. 

“Kami telah melakukan berbagai upaya, diantaranya dengan menemui para agniya dan memaksimalkan kotak amal di setiap masjid di Kecamatan Banjarsari, ” ucapnya. 

Selain itu Ramli menuturkan telah berkoordinasi dengan pihak pemerintah daerah untuk meminta pengawalan dan arahan dalam pembangunan masjid tersebut. 

“Kita telah meminta bantuan terhadap pemerintah untuk menyelesaikan pembangunan masjid ini. Semoga kedepannya bisa diperhatikan agar masjid bisa segera digunakan,” harapnya. *ArifinAT

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU