Selasa, Oktober 26, 2021

Pendataan Keluarga 2021, Kabupaten Ciamis Peringkat 4 Besar di Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kabupaten Ciamis meraih peringkat 4 dalam Pendataan Keluarga 2021. Capaian ini tentunya atas kerja sama dan kerja keras seluruh stakeholder.

Pendataan keluarga ini adalah program nasional bertujuan untuk mengumpulkan berbagai data keluarga. Seperti pembangunan keluarga, anggota keluarga, serta kependudukan keluarga berencana.

Baca juga:

Dian Budiyana, Kepala P2KBP3A Ciamis menuturkan dengan Pendataan Keluarga 2021 bisa digunakan untuk berbagai keperluan data. Terutama dalam mencatat kependudukan keluarga dan pembangunan keluarga.

“Jadi hasil data ini bisa dipakai oleh berbagai instansi yang membutuhkan dat terkait kependudukan keluarga,” terang Dian di kantornya, Kamis (3/6/2021).

Pendataan ini dimulai pada bulan April lalu dan berakhir pada 31 Mei 2021 kemarin. Kabupaten Ciamis sudah menyelesaikan pendataan 100 persen dan langsung dilaporkan ke Pemprov Jawa Barat dan Pemerintah Pusat.

“Dari target pemerintah pusat, Alhamdulillah 404 ribu kepala keluarga telah kami capai bahkan melampauinya. Tentunya ini merupakan kerja keras semua yang terlibat dalam pendataan ini termasuk masyarakat,” jelasnya.

Semula Ciamis berada pada peringkat 5 Pendataan Keluarga 2021 ini. Tapi di akhir Mei kemarin naik ke urutan 4. Capaian target KK lebih banyak dari daerah lain.

Dalam pelaksanaan pendataan kemarin, Pemkab Ciamis menerjunkan 3.267 petugas. Seluruhnya telah menyelesaikan sesuai target dan tepat waktu. Padahal dalam melakukan pendataan bukan hal yang mudah banyak masalah yang ditemukan, tapi para petugas lapangan mampu mengatasinya dengan baik.

“Kendala yang paling sering dihadapi adalah ketika server eror saat proses upload data karena dilakukan dengan sistem online setelah dilakukan rekap data,” katanya.

Kesabaran dan kegigihan petugas Pendataan Keluarga 2021 ini menjadikan Kabupaten Ciamis masuk peringkat 4 di Jawa Barat. (Ayu/CN/Djavayoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU