spot_img
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

Mengintip Kampung Angklung Ciamis, Yuk Kunjungi!

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bagi yang belum tahu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, juga ternyata memiliki Kampung Angklung. Lokasinya berada di Nempel, Desa Panyingkiran, Kecamatan Ciamis.

Perintis Kampung Angklung ini adalah Alimudin (51) alias Mumu. Sejak menjadi pindah ke Ciamis dari Banjar pada tahun 1992, Mumu menjadi perajin angklung.

Mumu kemudian mengajak masyarakat sekitar untuk ikut bersama-sama memproduksi Angklung. sehingga pesanan yang mulai meningkat itu bisa terpenuhi.

“Kalau yang lain mungkin tidak akan mengajarkan hal itu karena khawatir tidak ada orderan. Tetapi bagi saya memberikan ilmu yang bermanfaat itu yang mengalir. Buktinya sampai sekarang saya tidak kekurangan order, malah terus bertambah,” ungkapnya, Sabtu (13/8/2022).

Di Kampung Angklung Ciamis ini sudah ada sekitar 100 perajin angklung, yang semuanya binaan Mumu. Sehingga mayoritas mata pencaharian RW 07 Dusun Linggamanik perajin angklung.

Banyaknya perajin Angklung, membuat Mumu berinisiatif untuk merintis daerahnya menjadi Kampung Angklung pada 2014. Setelah mengajukan kepada Pemkab Ciamis dengan penuh perjuangan, akhirnya pada 2016, RW 07 Dusun Linggamanik resmi menyandang Kampung Angklung.

Bahkan pada 2016, Mumu mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sebagai pelopor pemberdayaan masyarakat.

Angklung produksi Kampung Angklung ini sudah merambah ke seluruh Indonesia, terutama pasar wisata antara lain Bali, Lombok, Bandung, Jakarta dan Yogyakarta.

“Harapan ke depan Kampung Angklung memiliki sanggar. Nantinya sanggar ini tidak hanya untuk pentas angklung saja, namun mewadahi seluruh kesenian Ciamis,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Melihat Kursi Batu Giok Peninggalan Kerajaan Panjalu Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com) - Kursi dari Batu Giok yang dipercaya sebagai peninggalan Kerajaan Panjalu, Kabupaten Ciamis ini konon memiliki kekuatan magis. Batu tersebut saat ini...

PSGC Ciamis Berhasil Melaju ke Babak 8 Besar Liga 3 Jawa Barat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis berhasil melaju ke babak 8 besar Liga 3 Seri 1 Jawa Barat. Laskar Singacala berhasil mengalahkan Karawang United 1-0...

Peternak Marmut di Ciamis Kebanjiran Permintaan, Ini Alasannya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Peternak Marmut di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai kewalahan akibat kebanjiran permintaan. Mengingat daging marmut ini bermanfaat untuk kesehatan terutama untuk...

Satlantas Polres Ciamis Sosialisasi Operasi Zebra, Ini Jadwalnya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Satlantas Polres Ciamis terus melaksanakan sosialisasi pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2022. Sehingga pada pelaksanaannya nanti masyarakat lebih tertib dalam berlalu lintas. Anggota...

Terpopuler

Lainnya