Minggu, Juli 14, 2024

Kemenag Ciamis Tunggu Regulasi Umroh Bagi Jemaah RI saat Dibuka Lagi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan Pemerintah Arab Saudi kembali buka umrah untuk jemaah asal Indonesia. Kemenag Ciamis menyatakan saat ini pihaknya menunggu regulasi dari pemerintah pusat.

“Kita tentunya menunggu regulasinya dari pusat. Informasinya saat ini Kementerian Agama Pusat masih berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, mengingat saat ini masih pandemi. Setelah ada regulasinya baru kita persiapkan,” ujar Kasi Haji dan Umroh Kemenag Ciamis Agus Abdulllah memalui Staf Penyelenggara Haji dan Umroh Yayan Suryanto, Kamis (14/10/2021).

Yayan menjelaskan terkait dengan umroh, Kemenag daerah hanya memberikan rekomendasi dalam pembuatan paspor. Sedangkan untuk pelaksanaan hingga keberangkatan dilakukan oleh travel masing-masing.

“Jadi regulasinya itu baru di Kanwil Kemenag. Untuk teknis di Kemenag Ciamis itu rekomendasi paspor,” jelasnya.

Selama masa pandemi, Kemenag Ciamis memberikan rekomendasi paspor untuk umroh hanya sekitar 100-200 saja. Namun kebanyakan dari travel berhenti mengurus rekomendasi paspor umroh ketika pandemi dan Arab Saudi menutup umroh.

“Memang tidak semua bikin paspor karena beberapa diantaranya kan sudah ada yang punya. Tidak ada data pasti mengenai umroh, yang ada hanya data rekomendasi paspor saja,” jelas Yayan.

Terlebih lagi, travel kebanyakan berasal dari wilayah Jakarta. Sementara yang di Kabupaten Ciamis itu ada 4 travel yang mengurus umroh. Itu pun mereka berhenti beroperasi ketika pandemi artinya tidak menerima pendaftaran umroh sementara.

“Jadi untuk setiap tahun rata-rata Kemenag Ciamis membuat rekomendasi paspor sekitar 60 orang,” ungkapnya.

Terkait dengan biaya umroh yang sudah dibayarkan, kalau belum sampai pengurusan paspor dan visa masih bisa kembali. Namun kalau sudah siap berangkat namun tertunda itu tergantung dari agen travel masing-masing.

“Kita tunggu saja dari pusat regulasinya seperti apa. Termasuk menerima pengaduan terkait permasalahan umroh ini,” ujarnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya