Sabtu, Mei 4, 2024

Misteri Jembatan Cirahong Ciamis dan Cerita Tumbal Sepasang Pengantin

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Beberapa waktu lalu Jembatan Cirahong jadi pembicaraan. Hal ini karena adanya kejadian orang yang nekat loncat dan tewas dalam waktu yang berdekatan. Dari keindahannya, Jembatan Cirahong memiliki cerita misteri hingga konon sepasang pengantin jadi tumbal saat pembangunannya.

Konon, pada saat pembangunannya sepasang pengantin yang baru menikah dikubur hidup-hidup di pondasi tiang penyangga jembatan. Seiring waktu, pada jembatan ini sudah banyak orang yang nekat mengakhiri hidupnya dengan cara loncat dari atas jembatan ke Sungai Citanduy. Terbaru dalam waktu dua bulan tahun 2021 sudah ada 2 orang.

Warga setempat ada yang meyakini Jembatan Cirahong memiliki kekuatan magis menarik orang yang niat untuk bunuh diri.

“Konon, orang yang punya niat untuk bunuh diri, dari jauh pun tertarik kesini dan melakukan niatnya itu,” ujar Perangkat Desa Pawindan Ahmad Himawan alias Ahim, Jumat (8/10/2021).

Misteri Jembatan Cirahong ini pun muncul dari cerita urban pada saat proses pembangunannya pada pemerintahan kolonial. Ketika itu, pembangunan jembatan terhambat lantaran adanya sejumlah kendala akibat alam.

Kemudian ada orang pintar yang menyarankan untuk menumbalkan sepasang pengantin baru. Agar pembangunan lancar, pemerintah kolonial pun melaksanakannya.

“Sepasang pengantin baru nikah itu diculik dan dimasukan ke lokasi pengecoran tiang penyangga secara hidup-hidup,” terangnya.

Percaya atau tidak, secara kebetulan orang yang nekat mengakhiri hidup dengan cara loncat itu adalah yang memiliki masalah percintaan dan patah hati. Yang niat akan loncat pasti terlaksana karena konon jembatan ini memiliki daya tarik terhadap orang tersebut.

Itukan cerita misteri Jembatan Cirahong yang sampai saat ini sebagian orang mempercayainya. Benar atau tidaknya, kejadian orang yang nekat loncat dari Jembatan Cirahong itu sudah beberapa kali terjadi dari dulu sampai sekarang. (Ayu/CN/Djavatoday)

Ibu dan Anak di Panawangan Ciamis Dibacok Tetangga, 1 Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ibu dan anak warga Dusun Gardu, Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Sarinah (76) dan Ian Ferdiansyah (41) jadi korban penganiayaan....

Suami di Ciamis Bunuh hingga Mutilasi Istri

Peringatan (trigger warning): Artikel ini mengandung konten kekerasan eksplisit yang dapat memicu kondisi emosi dan mental pembaca. Kami menyarankan Anda tidak meneruskan membacanya jika...

Disdukcapil Ciamis Cek Biometrik ODGJ di RSUD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis Jabar melakukan cek biometrik terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di...

Pesan Pj Bupati Ciamis di Hari Pendidikan Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah tahun 2024 digelar di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (02/05/2024). Tema Hardiknas...

Terpopuler

Lainnya