Jumat, Mei 3, 2024

Mobil Bak Terbuka L300 Terjun ke Jurang di Ciamis, 12 Orang Luka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kecelakaan tunggal terjadi di Ciamis, Jawa Barat. Sebuah mobil bak terbuka L300 yang mengangkut orang terjun ke jurang di Tanjakan Cibogo, Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Ciamis, Minggu (30/5/2021) sekitar pukul 18.00 WIB.

Mobil ini membawa 12 orang penumpang setelah berwisata ke Pantai Pangandaran. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Semua penumpang dan sopir mengalami luka-luka, seorang diantaranya mengalami parah tulang. Sedangkan yang lainnya hanya luka ringan.

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo membenarkan kecelakaan tunggal tersebut. Mobil L300 bak itu mengangkut keluarga pulang dari wisata di Pangandaran.

Awal kejadian, mobil tersebut pulang dari arah Pangandaran menuju Tasikmalaya. Kemudian terjadi kepadatan di wilayah Imbanagara, hingga sopir berinisiatif mencari jalur alternatif. Namun jalan yang dilalui malah menuju Desa Darmacaang.

Ketika sampai di Tanjakan Cibogo, rem mobil bak terbuka tersebut tidak berfungsi. Mobil akhirnya terjun ke jurang yang cukup dalam.

“Dugaan sementara penyebab kecelakaan tunggal ini karena rem mobil blong sehingga masuk ke dalam jurang. Sopir juga tidak tahu medan jalan,” kata Kasat.

Kasat menjelaskan penumpang di mobil tersebut sebanyak 12 orang mengalami luka-luka. 1 orang diantaranya mengalami patah tulang. Kemudian pada penumpang dievakuasi ke tempat pelayanan kesehatan atau Puskesmas terdekat. Korban telah mendapatkan perawatan medis.

“Kondisi sopir selamat dan sekarang kita amankan untuk dimintai keterangan lebih lanjut,” ucapnya.

Zanuar pun mengingatkan masyarakat agar tidak menggunakan mobil bak terbuka untuk mengangkut orang, terutama saat berwisata. Pihaknya pun gencar menindak yang memanfaatkan mobil bak untuk penumpang atau berwisata.

“Selama 2 minggu ini kami melakukan penyekatan terutama di jalan menuju obyek wisata Pangandaran. Tapi masih banyak bak terbuka. Saat ini kami juga telah tilang 30 mobil bak terbuka yang akan melaksanakan wisata,” terangnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Disdukcapil Ciamis Cek Biometrik ODGJ di RSUD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis Jabar melakukan cek biometrik terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di...

Pesan Pj Bupati Ciamis di Hari Pendidikan Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah tahun 2024 digelar di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (02/05/2024). Tema Hardiknas...

Jelang Pilkada 2024, PDIP Ciamis Silaturahmi ke Partai Nasdem

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPC PDIP Ciamis terus melakukan safari politik jelang Pilkada Ciamis 2024, salah satunya dengan melakukan silaturahmi ke Partai Nasdem di Kelurahan...

13 Keluarga di Ciamis Mengungsi Usai Rumah Retak gegara Pergerakan Tanah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pergerakan Tanah terjadi di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, mengakibatkan puluhan rumah mengalami retak-retak. 13 keluarga terpaksa mengungsi di musala...

Terpopuler

Lainnya