Jumat, Mei 3, 2024

Gerhana Bulan, Warga Ciamis Gelar Takbiran dan Salat Berjamaah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Fenomena astronomi Gerhana Bulan Total (GBT) terjadi pada Rabu, 26 Mei 2021 petang. Sejak sore hingga setelah magrib, warga Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melaksanakan takbiran kemudian dilanjutkan salat gerhana berjamaah.

Seperti yang terlihat di Masjid Al Anwar, Dusun Majalaya, Desa Imbanagara Raya, Ciamis. Warga blok Rancatunjung ramai-ramai ke masjid untuk takbiran dan salat gerhana. Kegiatan ini pun sama dilakukan di daerah lain.

Kasi Kesra Desa Imbanagara Raya Dede Misbah mengatakan pihak pemerintah desa sebelumnya telah mengimbau kepada warga untuk melaksanakan salat gerhana bulan.

“Pemerintah desa sudah mengimbau melalui masjid-masjid agar melaksanakan takbiran dan salat gerhana pada saat gerhana berlangsung. Alhamdulillah sekarang terlihat dan terdengar takbiran di setiap masjid,” ujar Dede, Rabu (26/5/2021).

Sementara itu, Suwandi, DKM Masjid Al Anwar, yang juga imam salat gerhana mengatakan fenomena gerhana merupakan kejadian yang langka, sebagai salah satu kekuasaan Alloh SWT. Untuk itu, sebagai orang beriman tentunya harus mensyukuri dan lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta.

“Dengan fenomena gerhana bulan ini tentunya kita harus meningkatkan keimanan kita dengan dzikir dan takbir,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan salat gerhana, Suwandi, menerangkan dilaksanakan dua rakaat. Dalam satu rakaat dilaksanakan dua kali rukuk. Sehingga setelah membaca itidal pertama tidak langsung sujud tapi kembali membaca Al Fatihah dan seterusnya.

“Jadi fenomena ini merupakan kekuasaan Alloh dengan memposisikan bulan, matahari dan bumi dalam satu garis. Hal ini mengingatkan kita pada kiamat dimana bulan, matahari dan bumi bukan pada satu garis lagi tapi satu titik,” jelasnya. (CN/Ayu/Djavatoday)

Disdukcapil Ciamis Cek Biometrik ODGJ di RSUD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis Jabar melakukan cek biometrik terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di...

Pesan Pj Bupati Ciamis di Hari Pendidikan Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah tahun 2024 digelar di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (02/05/2024). Tema Hardiknas...

Jelang Pilkada 2024, PDIP Ciamis Silaturahmi ke Partai Nasdem

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPC PDIP Ciamis terus melakukan safari politik jelang Pilkada Ciamis 2024, salah satunya dengan melakukan silaturahmi ke Partai Nasdem di Kelurahan...

13 Keluarga di Ciamis Mengungsi Usai Rumah Retak gegara Pergerakan Tanah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pergerakan Tanah terjadi di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, mengakibatkan puluhan rumah mengalami retak-retak. 13 keluarga terpaksa mengungsi di musala...

Terpopuler

Lainnya