Senin, Mei 20, 2024

Operasi Yustisi di Ciamis, PNS dan Warga Terjaring Tak Pakai Masker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Petugas gabungan dari Pemkab Ciamis, Polres Ciamis dan Kodim 0613 Ciamis menggelar razia masker di Jalan Jendral Sudirman depan pendopo, Selasa (15/9/2020). Dari operasi yustisi di Ciamis ini, petugas mendapati sejumlah PNS dan warga yang tak pakai masker.

Petugas dari Satpol PP langsung memberikan teguran secara tertulis terhadap para pelanggar protokol kesehatan ini. Umumnya mereka membawa masker namun tak dipakai saat berkendara. Mereka beralasan akan dipakai apabila masuk ke tempat umum. Apabila ditemukan kedua kalinya melanggar tak pakai masker, petugas tak segan memberi mereka sanksi sosial.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyatakan saat ini angka kasus posiif Covid-19 terus meningkat, sampai 3.000 kasus per hari di Indonesia. Khawatir akan hal itu, unsur Forkopimda kini melakukan  pemeriksaan warga tak bermasker. Hal ini juga diikuti oleh tingkat kecamatan dari unsur Muspika.

Operasi Yustisi di Ciamis ini menyasar masyarakat yang tak pakai masker saat beraktivitas pada tempat umum. Bahkan ada juga PNS dan pegawai BUMD yang tidak memakai masker. Melalui operasi ini, harapannya masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan sehingga mencegah penyebaran Covid019.

“Tentu khawatir, apabila terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Ciamis. Mudah-mudahan dengan operasi yustisi ini dapat menumbuhkan kesadaran dari dalam diri pentingnya menjaga dengan memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” ungkapnya.

Herdiat menegaskan apabila ditemukan warga tak pakai masker, petugas langsung memberikan edukasi termasuk teguran untuk saat ini. Namun nantinya, bila masyarakat masih tidak disiplin maka sanksi akan diterapkan.

Operasi Yustisi di Ciamis Hanya Diberi Teguran

“Saat ini teguran dulu, imbauan tentang pentingnya pakai masker. Kalau besok-besok melanggar maka akan ada sanksi. Untuk aturanya kita sedang membahasnya,” jelasnya.

Seorang PNS juga mengaku dokter di salah satu instansi layanan kesehatan bertanya alasan ia terjaring razia. Padahal ia mengenakan masker, namun saat di dalam mobil ia menggantungkannya di leher. Karena menurutnya di dalam mobil hanya sendirian, sehingga tidak akan ada penularan.

“Saya pakai masker, naik mobil sendirian. Tapi kenapa diberhentikan,” ucapnya saat terjaring operasi Yustisi di Ciamis.  (FR/Djavatoday)

Kafilah MTQ Berprestasi di Provinsi Dapat Tabungan Umrah dari Pemkab Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis memberikan uang kadeudeuh bagi Kafilah MTQ Ciamis yah berprestasi di tingkat Provinsi Jabar 2024. Uang kadeudeuh itu berupa tabungan...

Anggota Polres Ciamis Dites Urine, Kedapatan Pakai Narkoba Akan Disanksi Berat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Anggota Polres Ciamis menjalani tes urine, Senin (20/5/2024). Tes urine tersebut digelar oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Ciamis Polda Jabar. Semua...

Jelang Kejuaraan Sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Kecamatan Baregbeg Seleksi Pemain

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang kejuaraan sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Pemerintah Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis melakukan seleksi pemain. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Desa...

Pj Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Gotong Royong Tangani Stunting

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengajak masyarakat gotong royong menangani stunting. Hal itu Engkus sampaikan saat meresmikan Gedung Posyandu Bunga Mawar...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya