Sabtu, Mei 4, 2024

DMI Ciamis Siap Tingkatkan Protokol Kesehatan di Masjid saat Ramadhan

Berita Ciamis (Djavatoday.com)- Menjelang bulan suci Ramadhan, Dewan Masjid Indonesia DMI Kabupaten Ciamis melakukan persiapan dan mengimbau masjid-masjid agar tetap menggalakan kegiatan Ramadhan. Masjid akan meningkatkan protokol kesehatan.

Ketua DMI Ciamis Wawan S Arifien menyatakan pihaknya siap melaksanakan berbagai kebijakan yang digulirkan oleh pemerintah terkait panduan pelaksanaan bulan Ramadhan.

Sebagaimana surat edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Agama Nomor 03 tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri. Salah satunya ibadah di masjid dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas yang ada.

“Kita siap laksanakan edaran itu. Yang jelas kegiatan Ramadhan dengan berbagai ibadah di Masjid-masjid mesti terus digalakkan. Ramadhan adalah bulan mulia dan penuh berkah, maka rugi jika lewat begitu saja,” ujar Wawan kepada detikcom, Selasa (6/4/2021).

Menurut Wawan, selama COVID-19 berjalan setahun dan menginjak lagi bulan Ramadhan jarang adanya klaster masjid. Untuk itu, para takmir/pengurus harus lebih meningkatkan protokol kesehatan bagi para jemaah.

“Jangan sampai kita lupa juga membersihkan karpet, dinding, ventilasi, tempat wudu dan aliran airnya serta Sound sistemnya,” kata Wawan.

Selain itu, DMI Ciamis pun menginstruksikan setiap masjid juga harus menyiapkan imam-imam tarawih yang bacaan Al Quran fasih serta tidak terlalu cepat dan tidak terlalu panjang. Bulan Ramadhan adalah Syahrul Quran. Maka perbanyaklah jemaah tadarus dan ibadah-ibadah lainnya.

Wawan pun meminta kepada Pemkab Ciamis, dalam hal ini Bupati Ciamis agar mengizinkan kembali shalat Idul Fitri kembali dilaksanakan di depan Masjid Agung. Mengingat antusias para jemaah tinggi, setelah shalat Ied tidak dilaksanakan di tempat tersebut. (CN/AY/Djavatoday)

Ibu dan Anak di Panawangan Ciamis Dibacok Tetangga, 1 Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ibu dan anak warga Dusun Gardu, Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Sarinah (76) dan Ian Ferdiansyah (41) jadi korban penganiayaan....

Suami di Ciamis Bunuh hingga Mutilasi Istri

Peringatan (trigger warning): Artikel ini mengandung konten kekerasan eksplisit yang dapat memicu kondisi emosi dan mental pembaca. Kami menyarankan Anda tidak meneruskan membacanya jika...

Disdukcapil Ciamis Cek Biometrik ODGJ di RSUD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis Jabar melakukan cek biometrik terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di...

Pesan Pj Bupati Ciamis di Hari Pendidikan Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah tahun 2024 digelar di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (02/05/2024). Tema Hardiknas...

Terpopuler

Lainnya