Selasa, Mei 21, 2024

Penuh Makna, Peringatan HUT Gong Perdamaian Dunia ke 11 di Ciamis

CIAMIS (Djavatoday.com),- Peringatan HUT Gong Perdamaian Dunia ke 11 tahun diselenggarakan sederhana di Situs Ciung Wanara, Karangkamulyan, Ciamis, Jawa Barat, Rabu (9/9/2020). Namun mempunyai tradisi yang penuh makna dan nilai luhur di dalamnya.

Gong Perdamaian Dunia ini merupakan satu Gong raksasa dari total 5 di Indonesia. Mengingat saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19, perayaan HUT Gong raksasa ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya yang tidak begitu meriah.

Pasalnya, tidak banyak tamu undangan dan wisatawan yang hadir. Adanya pembatasan oleh panitia. Jadi, yang hadir hanya tokoh kebudayaan, kabuyutan serta para pejabat Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Meskipun diselenggarakan secara sederhana, namun tidak mengurangi makna, tradisi dalam peringatan HUT Gong Perdamaian Dunia yang ke 11 tahun tahun 2020.

Berdasarkan pantauan dilapangan, prosesi diawali dengan prosesi tradisi kirab kebhinekaan sambil membawa lambang garuda. 9 bendera merah putih, 9 umbul-umbul masing-masing warna merah warna putih.

Yang kemudian menuju tempat Gong disimpan, dengan diiringi gamelan musik tradisional. Kirab ini diikuti oleh tim seni dan masarakat adat. Dengan tujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

Setelah itu, dilanjutkan dengan acara intinya peringatan HUT Gong Perdamaian Dunia, yaitu menabuh Gong. Gong ini dipukul hanya setahun sekali. Dilakukan oleh pejabat seperti Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra dan para tokoh kebudayaan.

Kafilah MTQ Berprestasi di Provinsi Dapat Tabungan Umrah dari Pemkab Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis memberikan uang kadeudeuh bagi Kafilah MTQ Ciamis yah berprestasi di tingkat Provinsi Jabar 2024. Uang kadeudeuh itu berupa tabungan...

Anggota Polres Ciamis Dites Urine, Kedapatan Pakai Narkoba Akan Disanksi Berat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Anggota Polres Ciamis menjalani tes urine, Senin (20/5/2024). Tes urine tersebut digelar oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Ciamis Polda Jabar. Semua...

Jelang Kejuaraan Sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Kecamatan Baregbeg Seleksi Pemain

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang kejuaraan sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Pemerintah Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis melakukan seleksi pemain. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Desa...

Pj Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Gotong Royong Tangani Stunting

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengajak masyarakat gotong royong menangani stunting. Hal itu Engkus sampaikan saat meresmikan Gedung Posyandu Bunga Mawar...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya