Sabtu, Mei 4, 2024

Pemkab Ciamis Ajak Cegah Covid-19 Melalui Pendekatan Ruhaniyah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus pasien Covid-19 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat masih tinggi mencapai 30 orang dalam sehari. Dalam upaya mencegah penularan virus Corona, Pemkab Ciamis mengajak masyarakat melakukan pendekatan ruhaniyah disamping melakukan protokol kesehatan.

Hal itu tertuang dalam instruksi Bupati Ciamis Herdiat Sunarya Nomor 441/084-KESRA/2021. Instruksi ini atas kesepakatan bersama MUI Ciamis dan Forum Silaturahmi Pondok Pesantren  (FSPP) Ciamis.

Upaya pendekatan ruhaniyah dalam instruksi Bupati Ciamis ini antara lain semakin mendekatkan diri dan khusyuk dalam beribadah.  Menyelenggarakan kegiatan pembacaan al quran 30 Juz.  Membaca istigfar, doa ismul a’dzum dan doa keselamatan setelah salat.

Membaca qunut nazilah usai salat fardu dan memperbanyak shalawat. Juga memperbanyak sedekah dan infaq kepada orang yang membutuhkan.

Pendekatan ruhaniyah ini juga bukan hanya untuk umat islam. Tapi bagi yang non muslim untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama dan keyakinan masing-masing. Instruksi ini berlaku sejak 1 februari 2021 dan dilaksanakan selama 1 bulan penuh.

Kabag Kesra Setda Ciamis Ihsan Rasyad membenarkan instruksi Bupati Ciamis tersebut. Surat instruksi ini telah disebar ke seluruh lapisan masyarakat, terutama MUI kecamatan dan desa. Kemudian diteruskan untuk disampaikan ke masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan amalan ibadah melalui pendekatan ruhaniyah ini kita mendapat perlindungan dari yang maha kuasa.  Dari segala bencana, musibah termasuk wabah virus Corona yang saat ini masih terus berlangsung,” ungkapnya. (CN/AY/Djavatoday)

Ibu dan Anak di Panawangan Ciamis Dibacok Tetangga, 1 Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ibu dan anak warga Dusun Gardu, Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Sarinah (76) dan Ian Ferdiansyah (41) jadi korban penganiayaan....

Suami di Ciamis Bunuh hingga Mutilasi Istri

Peringatan (trigger warning): Artikel ini mengandung konten kekerasan eksplisit yang dapat memicu kondisi emosi dan mental pembaca. Kami menyarankan Anda tidak meneruskan membacanya jika...

Disdukcapil Ciamis Cek Biometrik ODGJ di RSUD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis Jabar melakukan cek biometrik terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di...

Pesan Pj Bupati Ciamis di Hari Pendidikan Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah tahun 2024 digelar di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (02/05/2024). Tema Hardiknas...

Terpopuler

Lainnya