Jumat, Mei 3, 2024

Operasi Yustisi Serentak Tiga Kecamatan di Ciamis saat PPKM, Hasilnya?

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pelaksanaan operasi yustisi serentak digelar di tiga wilayah hukum Koramil 1301/Ciamis. Hasilnya banyak warga yang masih abai memakai masker.

Dari tiga wilayah ini puluhan pelanggar tidak mematuhi protokol kesehatan terutama memakai masker dan menjaga jarak.

“Masing-masing pelanggar dari Ciamis, Baregbeg dan Sadananya tidak patuh prokes. Mereka kebanyakan tidak memakai masker,” ujar Danramil 1301/Ciamis Mayor Arh Wilde Pangalerang, Kamis (21/01/2021).

Danramil mengatakan dalam operasi yustisi serentak ini petugas terus menjaring pelanggar protokol kesehatan. Terutama warga yang beraktifitas di luar yang tidak memakai masker dan menjaga jarak. “Kita menyasar tempat umum dan juga kendaraan roda dua dan empat,” ungkapnya.

Kata dia, masih ditemukan penumpang angkutan umum yang tidak memakai masker. Bahkan sejumlah ibu rumah tangga yang kedapatan tidak memakai masker. Mereka menggunakan kerudung sebagai masker dadakan. “Sudah kita beri teguran. Mereka pun kita bagi masker gratis,” imbuh Danramil.

Danramil menuturkan meski masih ditemukan warga tanpa masker. Namun tingkat kepatuhan protokol kesehatan mulai alami peningkatan. “Kita terus sosialisasi pentingnya memakai masker. Memang ada yang melanggar tetapi tingkat kepatuhan kami lihat sudah meningkat,” jelasnya.

Kata dia, dalam pelaksanaan operasi yustisi serentak dalam rangka PPKM ini bekerjasama dengan Polisi, tim kecamatan, Puskesmas, APDESI dan PPDI di tiga wilayah. “Di Sadananya rutenya sampai Desa Mekarjadi. Di Baregbeg mulai dari jalan raya Desa Petir Hilir dan di Ciamis meliputi jalan umum seputar Pasar Subuh,” terang Danramil.

Bagi pelanggar prokes kata Danramil diberikan sanksi sosial berupa push up. “Operasi yustisi serentak ini akan gencar dilaksanakan. Menyadarkan masyarakat akan pentingnya menerapkan prokes 3M. Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan,” pungkasnya. (Ayu/Djavatoday)

Disdukcapil Ciamis Cek Biometrik ODGJ di RSUD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis Jabar melakukan cek biometrik terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di...

Pesan Pj Bupati Ciamis di Hari Pendidikan Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah tahun 2024 digelar di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (02/05/2024). Tema Hardiknas...

Jelang Pilkada 2024, PDIP Ciamis Silaturahmi ke Partai Nasdem

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPC PDIP Ciamis terus melakukan safari politik jelang Pilkada Ciamis 2024, salah satunya dengan melakukan silaturahmi ke Partai Nasdem di Kelurahan...

13 Keluarga di Ciamis Mengungsi Usai Rumah Retak gegara Pergerakan Tanah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pergerakan Tanah terjadi di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, mengakibatkan puluhan rumah mengalami retak-retak. 13 keluarga terpaksa mengungsi di musala...

Terpopuler

Lainnya