Senin, Mei 13, 2024

Kolam Ikan dan Sawah Diterjang Banjir saat Hujan Deras, Petani Baregbeg Ciamis Alami Kerugian

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Belasan kolam ikan dan sawah warga Dusun Ciwahangan, Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, diterjang banjir. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (27/1/2024) malam.

Banjir tersebut menghanyutkan benih ikan dan benih padi. Akibatnya para petani mengalami kerugian. Selain itu, sejumlah sawah dan kolam warga jebol dan harus mendapat perbaikan.

Wawan, pemilik sawah, mengaku pasrah atas kejadian tersebut. Banjir yang merendam sawah dan membawa hanyut benih padi terjadi di waktu yang tidak tepat. Padahal ia berencana akan menanam benih padi atau tandur.

“Posisinya mau tandur, kerugian mencapai Rp 2 Juta, ada sekitar 300 ikat benih padi yang siap ditanam,” ujar Wawan, Minggu (28/1/22024).

Sementara, Rahmat salah seorang pemilik kolam ikan yang jebol. Kolam ikan miliknya itu baru saja ditanami ikan gurame dengan rata-rata berukuran 7 hingga 9 ons.

“Awalnya kami juga tidak menyangka kolam yang ditanami ikan gurame itu akan jebol. Namun hujan yang sangat deras mengakibatkan air dari saluran disampingnya masuk semua ke kolam. Sehingga tanggalnya tidak kuat dan jebol, ” ungkapnya.

Dirapikan dia, akibat kejadian itu dirinya mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah, karena ikan gurame yang berada di kolam tersebut lebih dari 1,5 kental.

“Tapi mau bagai mana lagi, mungkin ini sudah bukan milik saya, semoga ada rezeki lagi untuk membeli bibit gurame yang baru,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

Upaya Dinas Pariwisata Ciamis Antisipasi Pungli di Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata Ciamis pun berupaya untuk melakukan pencegahan terhadap pungutan liar (pungli di berbagai obyek wisata di Ciamis. Baik yang dikelola...

Dua Pemuda di Ciamis Meninggal Dunia Tenggelam di Sungai Ciseel

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua orang pemuda Egi (29) dan Rizki Riza (29) dikabarkan tenggelam saat berenang di Sungai Ciseel, Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten...

Kalahkan Persikasi 1-0, PSGC Ciamis Raih 3 Poin Pertama di Babak 32 Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis berhasil mengalahkan Persikasi Bekasi dengan skor tipis 1-0. Pertandingan ini merupakan laga pertama grup 3 Liga 3 Nasional babak...

Dandim Ciamis Dampingi Dirjen Tanaman Pangan Kementan Gerakan Panen dan Tanam Padi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Afiid Cahyono, bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis Selamet Budi Wibowo mendampingi Dirjen tanaman...

Terpopuler

Lainnya