Rabu, Mei 15, 2024

Santri Ciamis Doakan Rakyat Palestina di Alun-alun Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan santri dari sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Ciamis, berkumpul di Alun-alun Ciamis. Para santri yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Ciamis mendoakan rakyat Palestina yang saat ini sedang mengalami serangan Israel.

Pantauan, Jumat (20/10/2023), santri mulai berdatangan dengan menggunakan truk dan mobil bak terbuka pada pukul 13.00 WIB. Mereka datang dengan membawa berbagai atribut dan bendera Palestina. Kegiatan ini bertema Ciamis Bela Palestina.

Dalam kegiatan ini hadir juga wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, perwakilan ormas dan tokoh ulama di Kabupaten Ciamis. Santri dan semuanya melantunkan salawat dan doa bersama untuk keselamatan rakyat Palestina. Berharap agar Palestina bisa merdeka.

“Aksi Bela Palestina ini sudah yang kesekian kali di Ciamis. Kali ini digerakkan di bawah FSPP, kerja sama dengan Ormas, OKP dan elemen masyarakat lainnya. Kira menyatakan bahwa perjuangan kami tidak akan berhenti sampai Bangsa Palestina merdeka dari penjajah Israel,” ujar Ketua FSPP KH Nonop Hanapi.

KH Nonop menyebut berdasarkan keterangan dari pihak palestina, serangan kali ini bentuk kebiadaban Israel di Jalur Gaza paling biadab selama 47 tahun terakhir.

“Kami ingin mengetuk kepada siapa saja yang memiliki rasa empati dan sisi kemanusiaan. Yang dihancurkan oleh Israel itu bukan hanya Islam tapi peradaban umat manusia, termasuk genosida,” tegasnya.

FSPP Kabupaten Ciamis pun mendesak pemimpin negara dan lembaga dunia untuk serius menekan Israel menghentikan perang dan memberikan hak-hak bagi masyarakat Palestina.

Sementara itu, wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengatakan, aksi ini membuktikan perhatian dan kepedulian warga Ciamis terhadap rakyat Palestina. Hal ini sudah sesuai dengan konstitusi negara, di mana dalam pembukaan UUD 45 bahwa negara ikut melaksanakan ketertiban dunia.

“Apa yang jadi doa kita bersama semoga diberikan keselamatan dan kemerdekaan bagi rakyat Palestina,” ucapnya.

Pemkab Ciamis pun mengeluarkan edaran Bupati Ciamis kepada masyarakat untuk ikut menyisihkan sebagian rezekinya untuk disumbangkan kepada rakyat Palestina. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pj Bupati Ciamis Lepas Penyaluran Beras Pemerintah Bantuan Pangan 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna melepas penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan 2024 Kabupaten Ciamis tahap dua alokasi April-Juni. Pelepasan...

Soal Studi Tur, Pj Bupati Ciamis Ingatkan Sekolah Selektif Tentukan Jasa Angkutan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tragedi bus terguling yang merenggut nyawa 11 siswa studi tur yang terjadi di Subang menjadi perhatian semua pihak. Seperti Pj Bupati...

4 Cabor Ciamis Berhasil Lolos ke Popda Jabar 2025

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- 4 dari 8 cabang olahraga (cabor) yang diikuti atlet Kabupaten Ciamis dalam Popwilda 2024 berhasil lolos dan berhak ikut dalam Popda...

Jelang Idul Adha, Pj Bupati Ciamis Sidak Pasar Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang Idul Adha, Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna melakukan sidak ke sejumlah pasar, Senin (13/5/2024). Sidak tersebut bertujuan untuk mengendalikan inflasi. Ada...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya