Selasa, Juni 18, 2024

Jelang Idul Adha, Pj Bupati Ciamis Sidak Pasar Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang Idul Adha, Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna melakukan sidak ke sejumlah pasar, Senin (13/5/2024). Sidak tersebut bertujuan untuk mengendalikan inflasi.

Ada pun pasar yang dikunjungi diantaranya Pasar Sindangkasih, Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Tani Berkah Sindangkasih dan Rumah Potong Ayam Jabalnur Cihaurbeuti.

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) turut hadir dalam sidak. Secara serentak terjun kepasar dan berdialog langsung dengan para pedagang di pasar.

Hasilnya, sampai dengan minggu kedua bulan Mei 2024 harga bahan poko seperti beras, minyak, telur, daging sapi, daging ayam broiler dan lainnya mengalami penurunan dibandingkan dengan bulan April.

Adapun harga beras medium pada saat ini berkisar rata-rata harga terendah di angka Rp 13.500, per kilogram. Daging Sapi Rp 140.000 per kilo.

Bawang Merah Rp 32.000. Daging Ayam Broiler Rp. 40.000. begitu juga dengan bahan pokok lainnya yang mengalami penurunan. Sementara untuk sayuran pada saat ini mengalami kenaikan di beberapa jenis seperti Kubis yang mengalami kenaikan 100 persen yang tadinya Rp. 8.000 jadi Rp. 16.000.

Pj Bupati Ciamis mengatakan jelang Idul Adha, kondisi ketersedian bahan pokok dan harganya masih cukup aman dibandingkan dengan harga bahan pokok di Kabupaten Ciamis beberapa bulan sebelumnya.

“Mudah-mudahan harga-harga ini dapat tetap bertahan sampai dengan nanti menjelang Lebaran Idul Adha,” Ujarnya.

“Mengingat daya beli masyarakat kan tergantung dengan harga-harga yang ada,” tambahnya.

Setelahnya berkeliling di Pasar Sindangkasih Pj. Bupati melanjutkan Kunjungannya ke RPA Jabal Nur di Kecamatan Cihaurbeuti, Kunjungan tersebut juga bertujuan guna mengecek ketersediaan dan pola penyimpanan daging ayam dalam upaya mengendalikan inflasi khusus harga daging ayam.

“Dengan penyimpanan yang baik maka ketersedian daging ayam senantiasa dalam kondisi cukup sehingga harga bisa dikendalikan,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya