Jumat, Mei 3, 2024

Longsor Terjadi di Panawangan Ciamis, Jalan Antar Dusun Terputus

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Longsor terjadi di Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (2/1/2022).

Longsor tersebut mengakibatkan, jalan penghubung antar Dusun terputus sehingga menyebabkan 8 KK terisolir.

Tidak hanya itu, akibat longsoran tersebut juga ada dua titik jalan penghubung yang terputus dan ada 2 rumah warga yang terancam serta ada sawah warga yang tertimbun longsoran.

Ekbang Desa Mekarbuana, Fuji mengatakan, pada kejadian bencana longsor ini ada 2 titik, 1 titik jalan poros penghubung dusun sepanjang 10 meter dan 8 KK terisolir.

Longsor tersebut terjadi pada jalan poros antar dusun itu tepatnya di wilayah Dusun Kalapa RT. 7, RW 3 dan Dusun Cianem RT. 3, RW. 5.

“Kemudian bongkahan tanah akibat longsoran itu menimbun sawah warga, jadi harus cepat dilakukan evakuasi,” katanya.

Menurutnya, akibat longsoran tersebut juga kendaraan roda dua maupun empat tidak bisa melalui jalan tersebut.

“Masyarakat juga sangat khawatir untuk melewati jalur tersebut. Pasalnya, tanahnya masih bergerak,” tuturnya.

Fuji menambahkan, masyarakat akan bergotong-royong untuk membuka jalan tersebut, meskipun hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki saja.

Kemudian, dari pihak Pemerintah Kecamatan Panawangan sendiri saat ini sudah berupaya untuk koordinasi dengan Pemkab Ciamis.

“Kami menunggu Pemerintah Ciamis untuk menurunkan alat berat, sambil menunggu kita mungkin akan gotong-royong,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Disdukcapil Ciamis Cek Biometrik ODGJ di RSUD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis Jabar melakukan cek biometrik terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di...

Pesan Pj Bupati Ciamis di Hari Pendidikan Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah tahun 2024 digelar di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (02/05/2024). Tema Hardiknas...

Jelang Pilkada 2024, PDIP Ciamis Silaturahmi ke Partai Nasdem

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPC PDIP Ciamis terus melakukan safari politik jelang Pilkada Ciamis 2024, salah satunya dengan melakukan silaturahmi ke Partai Nasdem di Kelurahan...

13 Keluarga di Ciamis Mengungsi Usai Rumah Retak gegara Pergerakan Tanah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pergerakan Tanah terjadi di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, mengakibatkan puluhan rumah mengalami retak-retak. 13 keluarga terpaksa mengungsi di musala...

Terpopuler

Lainnya