Sabtu, April 27, 2024

Buka Pelatihan Olahan Pangan, Ini Pesan Wabup Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Wakil Bupati (Wabup) Ciamis, Yana D Putra membuka pelatihan olahan ikan dan pangan di Aula Desa Bangunharja, Kecamatan Cisaga, Rabu (23/11/2022).

Yana mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan visi misi Kabupaten Ciamis yakni mantapnya kemandirian ekonomi sejahtera untuk semua, dengan misinya pemberdayaan ekonomi.

“Ada dua Provinsi di Indonesia yang laju pertumbuhan ekonominya tetap positif saat Pandemi Covid-19,” kata Yana.

“Kedua Provinsi tersebut yaitu Papua dengan pertambangannya dan juga DIY dengan UMKM,” tambahnya.

Hal itu, kata dia, menandakan bahwa pemberdayaan UMKM dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat kemudian memberikan kesejahteraan.

“Idealnya di Ciamis itu, untuk menggerakkan roda ekonomi adanya investor besar yang dapat buka lowongan pekerjaan,” ucapnya.

Akan tetapi, jika melihat kondisi saat ini dengan adanya isu resesi ekonomi global pada tahun 2023.

Jadi kecil kemungkinan setiap orang nantinya akan memilih untuk menyimpan uang.

“Solusi salah satunya itu dengan memberdayakan para pelaku UMKM dengan bekerjasama dan mendorong agnia setempat, sehingga tidak harus ada investor,” katanya.

Wabup Ciamis juga mengucapkan terimakasih kepada inopak Institute karena telah bekerjasama dengan Pemdes Bangunharja kegiatan pelatihan ini, atas ilmu dan wawasannya.

“Saya harap kepada para peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Sementara itu, Kades Bangunharja, Sarikin menambahkan, kegiatan tersebut mengingat Desa Bangunharja merupakan Kampung perikanan budidaya.

“Melihat potensi yang ada, rasanya perlu untuk mengoptimalkan produk olahan yang ada supaya UMKM bisa bersaing di pasar global,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Dies Natalis ke 26, Universitas Galuh Ciamis Gelar Santunan

Djavatoday.com,- Dalam rangka Dies Natalis ke 26, Universitas Galuh Ciamis menggelar bakti sosial (Baksos) berupa menyantuni anak yatim yang berada di sekitar kampus. Kegiatan tersebut...

Herdiat Nyatakan Siap Kembali Maju jadi Bupati Ciamis di Pilkada 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Herdiat Sunarya yang merupakan mantan Bupati Ciamis menyatakan siap maju lagi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. Pernyataan tersebut disampaikan Herdiat...

Calhaj di Kecamatan Baregbeg Ciamis Usianya Rata-rata Muda, Ada yang 23 Tahun

Berita Ciamis (Djavatoday.com),-- Calon jemaah haji (Calhaj) asal Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis pada tahun 2024 usianya rata-rata berusia muda, bahkan ada yang usianya 23...

Pastikan ASN Netral dalam Pilkada, PMII STITNU Datangi Pemda Pangandaran

Berita Pangandaran (Djavatoday.com),- Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat STITNU Al Farabi Pangandaran mendatangi Kantor Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Selasa (23/4/2024). Dalam pertemuan tersebut, mereka menyuarakan...

Terpopuler

Lainnya