Selasa, Mei 7, 2024

Antisipasi Kebakaran, Petugas Damkar dan Pasar Manis Ciamis Cek Hydrant

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Dalam upaya antisipasi terjadinya kebakaran, petugas Damkar dan HPPC serta UPTD Pasar Ciamis melakukan pengecekan Hydrant dan APAR.

Pengecekan tersebut dilakukan di Pasar Manis Ciamis, Jumat (30/9/2022).

Ketua HPPC Ciamis, Dody mengatakan, kegiatan ini dalam rangka antisipasi terjadinya kebakaran. Dan juga edukasi kepada para petugas keamanan pasar terkait penanganan kebakaran.

“Tadi kami cek itu ada 5 hydrant di Pasar Manis Ciamis, 5 hydrant itu di 3 blok yakni blok A, B dan D,” katanya.

Menurutnya, kelima hydrant tersebut kondisinya itu berfungsi dalam artian airnya mengalir. Namun, ada 3 hydrant yang klep koplingnya tidak ada atau hilang.

“Tadi setelah kami cek ada yang hilang klep koplingnya, kami tidak tau. Kami duga ada yang iseng, kami akan koordinasi dengan PDAM,” tuturnya.

Sementara untuk APAR sendiri, kata Dody, itu ada 10 buah dengan kondisi kosong dan saat ini akan lakukan pengisian.

“Untuk APAR akan isi dulu, nanti akan simpan di posko keamanan karena posko tersebut selalu jaga 24 jam,” ucapnya.

Sementara itu, Petugas Damkar Ciamis, Seprinda mengatakan, jumlah hydrant ada 5 buah, kondisinya ada airnya. Namun ada 3 hydrant yang tidak ada klep koplingnya.

“Ada 3 hydrant yang tidak berfungsi dalam artian tidak bisa gunakan oleh selang Damkar karena klep koplingnya tidak ada, kalau air semuanya ada,” katanya.

Menurutnya, jumlah hydrant saat ini masih dinilai kurang mengingat pasar Ciamis ada 8 blok. Jadi idealnya itu satu blok itu 1 hydrant.

“Idealnya itu 1 hydrant 1 blok supaya nantinya bisa memudahkan akses petugas Pemadam Kebakaran jika terjadi kebakaran,” pungkasnya.(AA/AA/Djavatoday.com)

Tarsum Pelaku Mutilasi Istri di Ciamis Jalani Pemeriksaan Kejiwaan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tarsum (41) pelaku pembunuh dan pemutilasi istri Yanti (40) kini menjalani pemeriksaan kejiwaan di Polres Ciamis, Senin (6/5/2024). Dokter kejiwaan dari RSUD...

Mengenal Sosok Pembuat Patung Wayang Gatotkaca yang Jadi Ikon Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, punya ikon unik yakni patung wayang Gatotkaca. Patung itu berada di tengah simpang tiga jalan...

Peringkat 10 Besar Jadi Target Ciamis di O2SN Tingkat Jabar 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis menargetkan peringkat 10 besar dalam event O2SN atau Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) tingkat Jabar tahun 2024. O2SN tingkat Jabar...

Dugaan Motif Tarsum Bunuh hingga Mutilasi Istri gegara Masalah Ekonomi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polisi mengungkap dugaan sementara motif kasus pembunuhan yang terjadi di Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis. Tarsum (41) dengan sadis membunuh...

Terpopuler

Lainnya