Senin, Mei 20, 2024

Pemkab Ciamis Usulkan Deklarasi Damai Pemilu 2024 di Gong Perdamaian Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis mengusulkan lokasi Gong Perdamaian Dunia menjadi tempat deklarasi damai untuk berbagai pesta demokrasi.

Obyek Situs Ciung Wanara Karangkamulyan konon adalah tanah bertuah.

“Kawasan ini ada tanah bertuah. Semua yang hadir menyampaikan hal itu, mereka menyebut bertuahnya sangat terasa,” Kadis Pariwisata Ciamis Budi Kurnia, Sabtu (10/9/2022).

Budi menyatakan akan mengusulkan ke KPU dan pihak lainnya untuk menggunakan lokasi ini sebagai deklarasi damai.

“Disini harusnya berbagai deklarasi dilakukan. Dari mulai Pemilu, Pilkada, Pilkades bahkan pemilihan Presiden. Semuanya deklarasi damai, sehingga harapannya pesta demokrasi bisa berjalan lancar,” ungkapnya.

Untuk menunjang hal tersebut, pada tahun 2023 nanti Pemkab Ciamis akan melakukan penataan kawasan Gong Perdamaian Dunia itu. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pun telah menginstruksikan untuk menata agar lebih megah lagi.

“Pak Bupati sudah menginstruksikan, insya alloh tahun 2023 akan kami tata. Sehingga ketika ada even nasional, sarananya sudah mendukung. Jadi mari kita suarakan Ciamis ini punya tanah bertuah yang dimuliakan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Milangkala HUT Gong Perdamaian Dunia tahun ini berlangsung meriah. Turut hadir juga artis senior Paramitha Rusady dan penggagas Gong Perdamaian Dunia Ciamis yakni Anton Charliyan.

Prosesi dari mulai kirab kemerdekaan menuju lokasi gong. Selanjutnya pembukaan dan acara inti yakni pemukulan gong oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya kemudian jajaran Forkopimda Ciamis. (Ayu/CN/Djavatoday)

Mengunjungi Sentra Wajan Tradisional di Kampung Katel Sindangsari Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wajan adalah alat yang paling dibutuhkan oleh para ibu rumah tangga untuk memasak. Di Ciamis terdapat kampung katel atau sentra wajan...

Warga Cihaurbeuti Ciamis Dirawat di Rumah Sakit Usai Digigit Ular Hijau Berbisa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Elis Supriatin (34) warga Dusun Cidangiang, Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, harus dirawat di rumah sakit. Ia digigit oleh ular...

Jelang Pilkada 2024, Aktivis Ciamis Dorong Bawaslu Pilih Anggota Panwascam yang Berkualitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Aktivis Peduli Ciamis Eka Muntaha mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ciamis memilih anggota Panwascam yang berkualitas. Tidak boleh ada peserta yang...

Bangunan Laboratorium IPA SMP di Pamarican Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Atap bangunan laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, ambruk. Peristiwa itu terjadi ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Jumat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya