Sabtu, Mei 4, 2024

Melihat Kawasan Ketahanan Pangan Kampung Bungur Jalatrang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wisata Kampung Bungur, Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, menawarkan wisata yang unik. Selain lokasi obyek wisata, tempat ini juga merupakan kawasan ketahanan pangan.

Pemerintah Desa Jalatrang membangun Kampung Bungur ini sejak 2021 lalu. Kampung Bungur memiliki pemandangan alam yang mempesona serta menyegarkan mata.

Kampung Bungur ini berada sekitar 14 kilometer dari pusat Alun-alun Ciamis. Untuk sampai ke Kampung Bungur, pengunjung dari Alun-alun Ciamis mengambil Jalan Ciamis-Cirebon. Kemudian sesampainya Pasar Buniseuri belok kiri kemudian ikuti petunjuk arah.

Kampung Bungur Jalatrang Ciamis ada peternakan, perikanan dan pertanian. Seperti vila ayam, vila domba dan vila sapi, serta kolam ikan dan perkebunan antara lain jagung, kacang dan ubi ungu.

Ada pun fasilitas yang tersedia seperti Camping Ground, mushala, WiFi gratis dan tempat parkir luas. Ada juga beberapa toko yang menyediakan oleh-oleh khas Desa Jalatrang.

Kepala Desa Jalatrang Dadi Haryadi alias Asdad merintis kampung ini sebagai upaya ketahanan pangan. Hal ini sesuai dengan Edaran Kementerian Desa.

“Kami merintis kampung ini sejak tahun 2021 lalu. Awalnya hanya ada vila domba, tapi sekarang sudah bertambah vila ayam dan vila sapi,” ujarnya, Kamis (8/9/2022).

Asdad menyebut saat ini Kampung Bungur seluas 3 hektar dari 6 hektar. Awalnya lokasi ini merupakan tanah bengkok yang tidak produktif. Sehingga desa pun berupaya agar lahan tersebut bermanfaat.

Meski masih tahap pembangunan dan pengembangan, namun sudah banyak warga yang mengunjungi Kampung Bungur. Bahkan beberapa pengunjung adalah rombongan anak PAUD dan siswa SMA.

“Sudah ada pengunjung, ya jadi ini juga tempat wisata. Memang masuk ke lokasi ini tidak gratis. Adapun tagline kita adalah Ulin Sapuasna Mayar Saikhlasna (Main Sepuasnya Bayar Seikhlasnya),” jelas Asdad.

Nama Kampung Bungur sendiri berasal dari sebuah pohon Bungur. Pohon tersebut sudah menjadi ikon desa setempat. (CN/Djavatoday)

Ibu dan Anak di Panawangan Ciamis Dibacok Tetangga, 1 Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ibu dan anak warga Dusun Gardu, Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Sarinah (76) dan Ian Ferdiansyah (41) jadi korban penganiayaan....

Suami di Ciamis Bunuh hingga Mutilasi Istri

Peringatan (trigger warning): Artikel ini mengandung konten kekerasan eksplisit yang dapat memicu kondisi emosi dan mental pembaca. Kami menyarankan Anda tidak meneruskan membacanya jika...

Disdukcapil Ciamis Cek Biometrik ODGJ di RSUD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis Jabar melakukan cek biometrik terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di...

Pesan Pj Bupati Ciamis di Hari Pendidikan Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah tahun 2024 digelar di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (02/05/2024). Tema Hardiknas...

Terpopuler

Lainnya