Jumat, Mei 3, 2024

Kwarcab Ciamis Akan Gelar Lomba Membuat Minyak Kelapa saat HUT Pramuka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Gerakan Pramuka Kwarcab Ciamis akan menggelar lomba membuat minyak kelapa atau Ngelentik pada HUT Pramuka ke 61. Rencananya lomba berlangsung pada bulan Agustus 2022.

Ketua Kwarcab Pramuka Ciamis Nanang Permana menyampaikan hal tersebut usai pertemuan dengan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya beberapa waktu lalu. Menurut Nanang, peserta lomba membuat minyak kelapa ini adalah para pembina dan penegak.

Lomba ini senada dengan lambang Pramuka yakni buah kelapa. Ada pun tujuannya untuk meningkatkan motivasi masyarakat untuk kembali menggentarkan tradisi membuat minyak sendiri.

“Kami akan menggelar lomba membuat minyak kelapa karena memang di Ciamis ini banyak bahan bakunya. Juga untuk mengingatkan kembali masyarakat tradisi Ngalentik,” kata Nanang, Kamis (14/7/2022).

Menurut Nanang, ketika masyarakat kembali memproduksi minyak kelapa, bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga. Sehingga tidak perlu lagi khawatir ketika terjadi kondisi kelangkaan minyak goreng.

“Apalagi secara perhitungan minyak goreng tidak akan lagi turun,” ucapnya.

Nanang menegaskan arah produksi minyak kelapa tersebut bukan untuk bisnis. Melainkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga masing-masing masyarakat.

Ketika masyarakat Tatar Galuh membangkitkan kembali tradisi Ngalentik, maka Ciamis tidak akan ketergantungan lagi dengan minyak sawit.

Nanang menjelaskan memproduksi minyak kelapa bakal mendapat dua keuntungan. Selain minyaknya untuk keperluan rumah tangga, ampasnya bernama galendo juga bisa dimakan atau dijual. Harga per kilogramnya pun cukup mahal.

Untuk itu, Kwarcab Pramuka Ciamis mengajak masyarakat untuk kembali membangkitkan tradisi Ngalentik. Dengan bahan baku kelapa yang melimpah di Ciamis, sehingga tidak ada alasan untuk tidak membuat minyak kelapa.

“Kami juga siap memberikan ilmu agar minyak kelapa ini dapat bertahan lama, ada caranya,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Disdukcapil Ciamis Cek Biometrik ODGJ di RSUD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis Jabar melakukan cek biometrik terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di...

Pesan Pj Bupati Ciamis di Hari Pendidikan Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah tahun 2024 digelar di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (02/05/2024). Tema Hardiknas...

Jelang Pilkada 2024, PDIP Ciamis Silaturahmi ke Partai Nasdem

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPC PDIP Ciamis terus melakukan safari politik jelang Pilkada Ciamis 2024, salah satunya dengan melakukan silaturahmi ke Partai Nasdem di Kelurahan...

13 Keluarga di Ciamis Mengungsi Usai Rumah Retak gegara Pergerakan Tanah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pergerakan Tanah terjadi di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, mengakibatkan puluhan rumah mengalami retak-retak. 13 keluarga terpaksa mengungsi di musala...

Terpopuler

Lainnya