Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Siswa Dalam Belajar

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Prestasi belajar dapat dikatakan sebagai ukuran kemampuan yang dicapai atas usaha yang dilakukan dalam belajar. Kemampuan tiap orang jelas tidak ada yang sama begitupun dengan prestasi. Perbedaan ini dapat di sebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi diantaranya.

Secara garis besar faktor tersebut terbagi menjadi dua bagian (1) faktor dari dalam (2) Faktor dari luar. Untuk pembahasan lebih lanjut yuk simak faktor yang mempengaruhi prestasi di bawah ini. 

Faktor yang mempengaruhi prestasi dari dalam (instrinsik)

Intelegensi

Intelegensi atau kecerdasan menjadi salah satu faktor penting dalam meraih prestasi belajar. Namun, seseorang yang berintelegensi tinggi juga tidak menjamin prestasi yang optimal tanpa adanya dukungan dari faktor lain.

Motivasi

Motivasi belajar merupakan sesuatu yang dapat mendorong siswa untuk mau belajar. Dengan adanya motivasi belajar yang tinggi akan memberikan peluang yang besar bagi siswa untuk mendapatkan prestasi yang maksimal. jika motivasi belajar siswa rendah maka akan sulit untuk meraih prestasi belajar dengan maksimal.

Minat

Peranan minat siswa dalam meraih prestasi cukup penting. Seseorang yang di dorong oleh minat dan merasa nyaman dengan apa yang di lakukannya dalam belajar akan meraih prestasi yang lebih optimal di bandingkan dengan seseorang yang memaksakan minat nya terhadap sesuatu hal.

Maka dari itu untuk meraih prestasi belajar siswa minat siswa dalam belajar pun harus di perhatikan.

Bakat

Selain minat bakat pun akan sangat berpengaruh. Bakat merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mencapai suatu keberhasilan. Setiap orang memiliki bakat yang berbeda sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Konsentrasi belajar

Faktor yang mempengaruhi prestasi lainnya adalah konsentrasi belajar siswa. Konsentrasi belajar merupakan pemusatan seluruh aktivitas terhadap apa yang sedang berlangsung. Seseorang dengan konsentrasi belajar yang tinggi akan lebih mudah menyerap materi apa yang sedang berlangsung sehingga kemungkinan untuk mendapat prestasi belajar yang optimal pun akan lebih besar.

Faktor dari luar (ekstrinsik)

Tak hanya faktor dari dalam ada beberapa faktor luar yang dapat mempengaruhi prestasi belajar diantaranya Keadaan sekolah.

Baca Juga: Manfaat Madu Bagi Kesehatan, Obat Alami Untuk Meredakan Flu

Sekolah merupakan lembaga pendidikan pertama yang dapat menentukan keberhasilan belajar siswa. Lingkungan sekolah yang baik akan mendorong siswa untuk belajar lebih baik dan begitupun sebaliknya. Keadaan sekolah ini meliputi cara pengajaran guru terhadap siswa, kurikulum dan lain-lain.

Faktor keluarga

Tak hanya sekolah keluarga juga mempengaruhi perkembangan prestasi belajar siswa. Jika pelajaran yang di dapat anak di rumah kurang baik Kemungkinan besar di luar rumah akan lebih tidak baik lagi.

Maka dari itu kerjasama antara orang tua dan guru sangatlah penting sebagai penunjang faktor keberhasilan prestasi belajar siswa.

Nah itu dia beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi. Ingat! Prestasi setiap orang berbeda-beda temukankanlah prestasi anda sendiri dan jangan batasi diri anda untuk mencoba sesuatu hal yang baru. Semangat. (Pe/Djavatoday)

Jangan Asal-asalan! Ini Dia Tips Memilih Jurusan Kuliah dengan Tepat

Memilih jurusan kuliah tidak segampang meneruskan sekolah dari SMP ke SMA. Bukan hanya satu atau dua, kamu harus mempertimbangkan banyak hal dengan matang-matang. Beragam...

Cara Cepat Mahir Berbahasa Inggris, Mudah dan Praktis

Mahir berbahasa Inggris pasti sangat didamba-dambakan oleh banyak orang. Tapi kenapa sih, belajar bahasa Inggris itu penting? Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang berfungsi...

5 Cara Membangun Semangat Belajar Siswa, Beri Motivasi!

Cara membangun semangat belajar penting diketahui, baik dari pihak orang tua, guru, dan siswa itu sendiri. Dalam menjalani proses belajar, tidak dapat dipungkiri bahwa...

Rekomendasi Novel Menarik dengan Bahasa Santai yang Ringan

Rekomendasi novel menarik ini pasti bikin kamu rela berjam-jam berkutat dengan buku. Menurut seorang ahli bernama Paulus Tukam, novel adalah karya sastra berbentuk prosa...

Terpopuler

Lainnya