Minggu, Juli 14, 2024

Gelar Karya P5 SDN 4 Kertasari Ciamis, Tumbuhkan Kompetensi Peserta Didik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- SDN 4 Kertasari, Kabupaten Ciamis, menyelenggarakan Gelar Karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di lapangan upacara sekolah, Selasa (25/6/2024).

Dalam gelar karya P5 ini para siswa menunjukan karya krearifitas, memajang berbagai produk makanan dan juga menampilkan sejumlah kesenian. Semua tingkatan dari kelas 1 sampai kelas 6 turut terlibat dalam gelar karya ini.

Kepala SDN 4 Kertasari Yani Haryani, S.Pd mengatakan Gelar Karya P5 dilaksanakan setahun sekali pada semester 1 atau pada semester 2. Gelar Karya ini menampilkan hasil belajar para siswa selama setahun.

“Untuk sekolah kami sengaja dilaksanakan pada semester karena kaitan dengan PPDB. Dalam kegiatan ini kami juga mengundang sejumlah TK. Untuk menarik peserta didik,” ujar Yani.

Yani menjelaskan tema Gelar Karya P5 kali ini adalah kewirausahaan, kebhinekaan dan kearifan lokal. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama sekolah dengan paguyuban orang tua.

“Setiap kelas membuat makanan untuk dipamerkan dan dijual. Tujuannya supaya para siswa belajar nyata dalam berwirausaha atau proses transaksi jual beli. Untuk kearifan lokalnya menampilkan berbagai kesenian daerah,” ungkapnya.

Yani berharap gelar karya ini menumbuhkan Kompetensi peserta didik. Terutama kompetensi global yang sesuai dengan nilai Pancasila. Anak dapat belajar mandiri, gotong royong dan kreatif.

“Ada juga lomba mewarnai untuk menarik minat anak TK masuk SDN 4 Kertasari. Target PPDB tahun ini sebetulnya 3 kelas, tapi untuk sementara ini baru 2 kelas,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Panwascam Panawangan Bentuk Forum Warga Ikut Awasi Pilkada Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Panwascam Panawangan bentuk forum warga untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilkada Ciamis 2024. Peran masyarakat untuk mencegah pelanggaran sangat penting demi kelancaran...

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya