Minggu, Juni 16, 2024

6 Manfaat Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah

Manfaat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler salah satunya adalah sebagai alternatif dalam membentuk karakter siswa yang disiplin dan kreatif. Melalui kegiatan ini, siswa mendapatkan pelatihan yang belum ada dalam kegiatan intrakurikuler atau KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Perlu kamu ketahui, mengikuti satu atau lebih kegiatan ekstrakurikuler bukanlah sebuah hambatan selagi kamu memanfaatkannya dengan baik dan tidak melakukannya untuk hal yang berbau negatif.

Manfaat Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler

Banyak yang awalnya hanya coba-coba, sampai tak sadar sudah jauh melangkah karena merasa betah. Setiap sekolah pasti memiliki prosedur yang berbeda, namun tujuan dan manfaatnya tetap sama. Lebih dari sekadar menambah wawasan, berikut merupakan banyaknya keuntungan yang dapat kamu peroleh setelah bergabung menjadi anggota di dalam sebuah ekstrakurikuler. 

Menumbuhkan optimisme dan jiwa pemberani

Manfaat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang pertama adalah menumbuhkan optimisme dan jiwa pemberani melalui praktik public speaking. Kegiatan berbicara yang dilakukan secara langsung di hadapan audience memiliki pengaruh yang cukup besar di hidupmu. Sebagai contoh, rasa cemasmu akan berkurang apabila ditugaskan untuk presentasi di depan kelas. Sebab, di dalam ekstrakurikuler, berbicara di depan banyak orang sudah menjadi makanan sehari-hari yang tak begitu sulit dilalui. 

Mendidik kekompakan

Hal terpenting dalam sebuah ekstrakurikuler bukanlah seberapa mampunya seseorang berpikir secara kritis, melainkan seberapa eratnya hubungan kekeluargaan yang telah terjalin. Seiring berjalannya alur, kamu pasti akan menghabiskan banyak sekali waktu bersama rekan-rekanmu, menghadapi berbagai macam kondisi di dalam situasi yang sulit. Namun terkadang, kesulitan itulah yang menggiring kebersamaan hingga terciptanya kesetiakawanan.

Menumbuhkan kreativitas

Kamu akan menjumpai banyak sekali inovasi menarik yang berpeluang mendorong kinerja otakmu untuk berpikir keras. Biasanya, saat mengadakan event, seorang anggota ekstrakurikuler memiliki peluang dan kesempatan untuk menciptakan sesuatu yang baru dengan memanfaatkan hal-hal yang sudah ada sebelumnya.

Mendapatkan banyak teman

Menguntungkan bukan? Ketika lingkaran pertemanan kamu tidak hanya berpatok kepada teman sekelas, menjadi lebih luas, dan benar-benar bebas. Kamu bahkan nggak cuma berkesempatan mengenal teman seangkatan, tapi juga kakak dan adik kelasmu.

Meningkatkan kemampuan beradaptasi

Manfaat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan beradaptasi. Di dalam ekstrakurikuler, kita pasti menemukan macam-macam individu dengan karakter yang berbeda. Bertemu dengan seseorang yang unik, pintar, bahkan konyol, dapat membuat kita lebih mudah bersosialisasi.

Menyalurkan minat dan bakat

Sob? Masih bingung mau dikemanakan bakat terpendammu? Ekstrakurikuler adalah opsi yang harus ditandai jika kamu butuh tempat yang mampu menampung kemampuan di atas rata-rata yang kamu miliki. Jangan sampai salah, pastikan kamu bergabung ke dalam ekstrakurikuler sesuai dengan fashionmu ya! 

Ingat, manfaatkan sebaik-baiknya waktumu dalam berkegiatan. Jangan sampai salah kaprah, adanya ekstrakurikuler bukan alasan untuk kamu menomorduakan belajar ya, sob. Ikuti hal-hal yang menurutmu berkesan tanpa meninggalkan sesuatu yang penting keberadaannya. (Karin/Djavatoday)

Rekomendasi Beasiswa Kuliah S2 Luar Negeri Tanpa Batas Umur!

Rekomendasi beasiswa kuliah S2 ini bisa menjadi referensi bagi Sobat Djava yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kuliah memang menjadi kebutuhan...

6 Basic Manners yang Harus diajarkan kepada Anak Usia Dini

Anak usia dini memerlukan beberapa instruksi penting sebagai awal pembentukan karakter. Instruksi-instruksi ini nantinya harus diberikan dengan jelas oleh orang tua sebagai pihak yang...

Tips Belajar Tipografi bagi Pemula, Bikin Desainmu Makin Nyentrik

Tips belajar tipografi kali ini bisa diikuti oleh siapapun, bahkan untuk pemula yang tidak tahu apa-apa sebelumnya tentang tipografi. Tipografi memerlukan sebuah skill, loh....

Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia, Calon Mahasiswa Harus Tahu!

Jalur masuk perguruan tinggi di Indonesia terdiri dari beberapa skema, tentunya dengan peluang lolos yang berbeda. Kamu yang bertekad melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya