Selasa, April 16, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

5 Cara Membangun Semangat Belajar Siswa, Beri Motivasi!

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Cara membangun semangat belajar penting diketahui, baik dari pihak orang tua, guru, dan siswa itu sendiri. Dalam menjalani proses belajar, tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang siswa merasa jenuh dan tidak semangat dalam belajar. Meski termasuk dalam kondisi yang wajar, keadaan ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Sebab, apabila siswa terus merasa malas maka akan berpengaruh terhadap produktivitasnya.

Agar setiap siswa kembali menemukan semangat belajarnya, maka ia harus memiliki motivasi. Motivasi ini bisa ditemukan dari dua macam, yaitu motivasi internal dan motivasi eksternal. Motivasi internal ialah motivasi yang bergantung pada diri siswa itu sendiri, sedangkan motivasi eksternal bisa dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, peran orang tua dan guru, serta faktor pertemanan.

Cara Membangun Semangat Belajar

Berikut beberapa cara membangun semangat belajar siswa.

Buat target

Cara membangun semangat belajar yang pertama yaitu berasal dari faktor internal. Siswa harus mempunyai target atau tujuan dari kegiatan belajar. Misalnya, ia berencana masuk ke sekolah atau perguruan tinggi terbaik. Dengan begitu maka ia harus bisa belajar lebih giat agar keinginan tersebut bisa tercapai.

Buatlah list keinginan-keinginan tersebut dalam sebuah tulisan. Siswa juga bisa memajang target tersebut di kamar atau menuliskannya di note hp. Letakkan catatan target tersebut di tempat yang sering ia lihat agar ia senantiasa teringat dengan target tersebut.

Pilih lingkungan pertemanan yang suka belajar

Lingkungan adalah salah satu faktor terbesar yang dapat memengaruhi seseorang, termasuk dalam hal motivasi belajar. Teman-temanmu ini akan memengaruhi motivasi belajarmu. Jika mereka rajin maka kamu juga akan ikut rajin, begitu pun sebaliknya. Maka dari itu, pilihlah lingkungan pertemanan yang bisa mengajakmu terus belajar. 

Atur waktu belajar

Cara membangun semangat belajar yang berikutnya yaitu pengaturan waktu belajar. Kepintaran seseorang bukan dari seberapa lama ia belajar, namun seberapa efektif ia menggunakan waktunya untuk belajar. Kamu harus bisa membuat jadwal belajar yang sesuai denganmu.

Setiap orang mungkin memiliki waktu belajar yang berbeda-beda. Ada yang suka belajar di malam hari dan ada pula yang lebih nyaman belajar di pagi hari. Kamu harus mengetahui kapan waktu paling efektif untuk otakmu.

Istirahat sejenak

Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri. Kamu harus menyediakan otakmu waktu untuk melakukan istirahat. Kamu bisa berhenti sejenak ketika kamu merasa lelah dalam belajar. Beri waktu otakmu untuk tenang.

Otak yang tenang akan membuat produktivitas meningkat. Sebaliknya, otak yang kelelahan akan membuat pekerjaanmu menjadi tidak beres.

Jauhkan diri dari gangguan

Cara membangun semangat belajar yang terakhir yaitu dengan menghindari segala macam hal yang memungkinkan bisa mengganggu proses belajarmu. Contohnya seperti bermain gawai, menonton TV, bermain, dan lainnya. Agar kamu bisa lebih fokus belajar maka kamu harus menjauhi hal-hal tersebut. Barulah setelah kamu selesai belajar, kamu bisa melakukan hal lain sesukamu. 

Demikian beberapa cara membangun semangat belajar bagi siswa. Yuk temukan kembali motivasi belajarmu. (Ume/Djavatoday)

Gunakan Teknik Pomodoro untuk Meningkatkan Fokus Saat Belajar

Meningkatkan fokus saat belajar memang bukan hal mudah bagi kebanyakan orang. Sebagai seorang siswa, belajar merupakan kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Bisa belajar dengan...

5 Rekomendasi Tema Buku Tahunan yang Unik dan Antimainstream

Rekomendasi tema buku tahunan kali ini bisa kamu jadikan sebagai referensi, loh. Setiap angkatan yang akan lulus biasanya mempunyai buku tahunan sebagai kenang-kenangan. Melihat...

Rekomendasi Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Gemar Membaca

Rekomendasi jurusan kuliah ini cocok banget buat kamu yang suka sekali membaca! Eits, jangan salah! Membaca bukan semata-mata keisengan yang nggak terlalu penting untuk...

Penerapan Model KWL dalam Pembelajaran Membaca Teks Narrative

Artikel ini berisi tentang Penerapan Model KWL dalam Pembelajaran Membaca Teks Narrative di SMP. Sebelum lebih lanjut membahas tentang penerapan Model KWL dalam pembelajaran...

Terpopuler

Lainnya