Jumat, Mei 7, 2021

Mutasi Virus Corona B117 Sudah Ada di Indonesia

Mutasi virus corona B117 pertama kali ditemukan di Inggris pada bulan September tahun 2020. Para ilmuwan di Inggris mengatakan bahwa mutasi B117 ini, diyakini 70% lebih menular dari sebelumnya.

Sejumlah negara yang sudah melaporkan penemuan kasus dari varian virus corona ini seperti negara Malaysia, Singapura, India bahkan Korea Selatan.

Pada tanggal 02 Maret 2021, Dante Saksono Harbuwono selaku Wakil Menteri Kesehatan menyampaikan melalui kanal Youtube Kemenristek bahwa mutasi B117 sudah ditemukan di Indonesia.

Penemuan pertamanya ini berjumlah dua kasus. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebutkan bahwa kasus ini terkonfirmasi ditemukan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Dante mengatakan bahwa temuan dua kasus mutasi B117 itu ditemukan dari hasil pemeriksaan terhadap 462 sampel dengan menggunakan metode Whole Genome Sequence (WGS), yang telah dilakukan selama beberapa bulan terakhir.

- Advertisement -

Dengan adanya temuan kasus baru terkait mutasi B117 ini, Indonesia kini dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19 yang semakin sulit.

Menurut beberapa analisis, mutasi virus corona B117 dikatakan lebih menular karena mengalami replikasi lebih cepat di dalam tenggorokan.

Virus corona B117 memiliki beberapa mutasi dan menyebabkan lonjakan protein di permukaan virus yang menempel di sel manusia. Kondisi seperti ini mampu untuk mengikat reseptor pada sel dengan lebih baik dan menularkan lebih baik juga.

Gejala dan Cara Pencegahan

Gejala dari virus corona B117 ini antara lain pasien sering mengalami batuk dan sakit tenggorokan, demam, kelelahan dan nyeri otot, hilang rasa dan indera penciuman, kabut otak, sesak nafas dan gejala neuorologis.

Menurut beberapa laporan, gejala yang disebabkan virus ini lebih berat, sehingga diperkirakan vaksin covid-19 yang saat ini sudah digunakan tidak mempan untuk melawan jenis virus ini.

Namun para ahli mengatakan bahwa pernyataan tersebut membutuhkan penelitian lebih lanjut, karena menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sampai sekarang belum ada bukti bahwa virus ini lebih beresiko menyebabkan kematian.

Menyikapi peristiwa tersebut, Dr Anthony Fauci, seorang ahli penyakit menular menyarankan untuk menggunakan masker double. Dengan menggunakan double masker atau masker N95 maka pencegahan terhadap virus corona B117 akan lebih efektif. (Willy/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

5 Gangguan Mental Remaja yang Sering Terjadi

Tak hanya orang dewasa yang mempunyai banyak masalah yang berkaitan dengan kesehatan mental, namun ternyata remaja juga bisa mengalami hal yang serupa. Namun, gangguan...

Atasi Gerd dengan Berpuasa, Ini Penjelasannya!

Penyakit gerd (gastroesophageal reflux disease) atau asam lambung adalah penyakit yang paling umum diderita masyarakat di Indonesia. Gejala dari penyakit ini diantaranya mual, muntah,...

5 Bahaya Mengintai Jika Kamu Tidur Setelah Sahur

Banyak orang menganggap masih ada waktu kosong setelah sahur sehingga mereka memanfaatkannya untuk tidur kembali. Hal ini dimaksudkan agar mereka tidak mengantuk di siang...

Khasiat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Buah kurma (Phoenix dactylifera) merupakan buah yang berasal dari negara bagian Timur, seperti Pakistan, Mesir, dan Arab. Kurma memiliki rasa khas yang manis dan...

BERITA TERBARU

Karang Taruna Sedekan Ciamis Berbagi Takjil Secara Door to Door

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Karang Taruna Sedekan, Desa Mekarjadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melakukan aksi berbagi takjil kepada masyarakat. Aksi berbagi takjil ini...

Wabup Yana Tutup Kegiatan Bazar Perwira Ciamis

DJAVATODAY.COM, CIAMIS - Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menutup Bazar Ramadhan yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (PERWIRA), Kamis (6/5/2021). Kegiatan bazar...

Penyekatan Mudik di Ciamis, 30 Kendaraan Pemudik Diputar Balik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Penyekatan mudik lebaran di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mulai dilakukan, Kamis (6/5/2021). Aparat gabungan melakukan penyekatan di Pos Cihaurbeuti yang merupakan...

Bupati Ciamis; Kami Janjikan 10.000 Tenaga Kerja Bukan Lapangan Kerja

DJAVATODAY.COM, CIAMIS - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menekankan bahwa janji politiknya adalah membuka 10.000 tenaga kerja bukan 10.000 lapangan kerja. Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis,...

Popular

INFO GRAFIS