Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Resep Dadar Gulung, Camilan Lembut Mudah Dibuat

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Resep dadar gulung terbilang mudah, loh, Sobat Djava. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang cukup sederhana. Dengan sedikit usaha kamu bisa menikmati camilan yang lembut dan lezat ini.

Dadar gulung adalah salah satu kue tradisional khas Indonesia. Karena rasanya yang enak, kue ini menjadi favorit banyak orang, loh. Jadi gak heran kalau kue ini laris di pasaran. Sekarang ini kamu bisa menemukan dadar gulung di toko kue. Biasanya toko kue menyediakan dadar gulung dengan berbagai macam varian.

Dadar gulung cocok dijadikan sebagai camilan untuk menemani waktu santaimu. Tak jarang kue ini juga disajikan di acara-acara tertentu seperti lebaran, syukuran, dan sebagainya. Nah, kalau kamu termasuk orang yang suka dengan camilan yang satu ini, cobain deh buat sendiri di rumah.

Resep Dadar Gulung

Berikut resep dadar gulung yang praktis dan mudah kamu buat sendiri di rumah. Yuk simak!

Bahan utama

Resep dadar gulung yang pertama tentunya dengan menyiapkan bahan-bahannya. Bahan untuk membuat dadar gulung ada dua yaitu bahan utama dan bahan isian. Yang pertama kita siapkan yaitu bahan utamanya terlebih dahulu. Berikut bahan untuk membuat dadar gulung.

  • 250 gram tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 500 ml santan
  • ¼ sdt garam
  • 4 tetes pasta pandan
  • 2 sdm minyak goreng

Bahan isian

Selain bahan utama, bahan isian juga harus kamu perhatikan. Di resep kali ini, kita akan membuat isian yang terbuat dari kelapa parut dan gula jawa. Isian ini akan menambahkan cita rasa yang lezat dan gurih di dadar gulungmu. Berikut bahan untuk membuat isian dadar gulung.

  • 300 gram kelapa parut
  • 200 gram gula jawa
  • ½ sdt garam
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 lembar daun jeruk

Cara membuat kulit dadar

Untuk membuat dadar gulung, hal pertama yang kamu buat adalah kulitnya. Kulit ini dibuat dengan menggunakan bahan utama yang tadi sudah kamu persiapkan. Berikut cara membuat kulit untuk dadar gulung.

  1. Rebus santan dan tambahkan garam, aduk hingga mendidih. Matikan api dan biarkan hingga dingin.
  2. Campurkan tepung terigu, telur, dan minyak goreng dalam satu wadah, kemudian aduk hingga adonan rata.
  3. Tuangkan santan sedikit demi sedikit ke dalam adonan tadi. Terus aduk sampai adonan licin dan halus. Tambahkan pasta pandan dan aduk kembali hingga rata.
  4. Panaskan wajan anti lengket lalu tuang satu sendok sayur adonan. Ratakan adonan hingga permukaan wajah tertutup rapi. Masak menggunakan api kecil hingga matang, lalu angkat. Lakukan sampai adonan habis.

Cara membuat isi

Resep dadar gulung yang berikutnya dilanjutnya dengan membuat isinya. Untuk membuat isi dadar gulung cukup mudah.

  1. Campur semua bahan isian dalam satu wadah dan aduklah hingga adonan rata.
  2. Masak adonan isi menggunakan api sedang. Aduk terus hingga adonan mengering.

Cara membuat dadar gulung

Resep dadar gulung kini berada pada langkah akhir. Berikut rincian tentang cara membuat dadar gulung.

  1. Ambil satu lembar kulit dadar, tambahkan satu sdm bahan isian.
  2. Lipat seperti ampop dan gulung perlahan. Ulangi sampai adonan habis.
  3. Dadar gulung siap disajikan.

Demikian resep dadar gulung isi kelapa yang bisa kamu praktekkan di rumah. Yuk segera cobain resepnya dan rasakan kelezatannya. (Ume/Djavatoday)

Dari Nastar Hingga Kue Salju, Ini Dia Macam-macam Kue Lebaran yang Paling Populer!

Macam-macam kue lebaran yang berjejer di atas meja memang sudah menjadi pemandangan khas hari raya yang tak boleh terlewati. Beragam jenis kue telah hadir...

3 Resep Olahan Alpukat, Bisa untuk Takjil Buka Puasa!

Resep olahan alpukat bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang sudah bingung ingin membuat takjil buka puasa. Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan...

Rekomendasi Restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang Pas di Kantong

Hallo good people. Siapa nih yang belum pernah nyobain barbeque (BBQ) All You Can Eat (AYCE) ? ada nih restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang...

Cara Simpel Membuat Dimsum Ayam yang Lezat dan Gurih

Membuat dimsum ayam adalah ide cemerlang untuk moms yang lagi kepingin camilan mengenyangkan tapi tetap irit pengeluaran. Harga dimsum yang dijual matang memang sedikit...

Terpopuler

Lainnya