Sabtu, April 20, 2024

4 Manfaat Konsumsi Cokelat, Bisa Tingkatkan Mood

Manfaat konsumsi cokelat ada banyak sekali, mulai dari menjaga kesehatan sampai peningkatan suasana hati. Cokelat adalah salah satu jenis makanan yang banyak digemari oleh semua kalangan usia. Rasanya yang enak menjadikan cokelat sebagai camilan paling banyak dikonsumsi.

Cokelat merupakan olahan biji kakao yang dipanggang, digiling, dan dibentuk menjadi cairan, pasta, ataupun balok. Ada berbagai macam jenis, salah satu yang paling terkenal yaitu dark chocolate atau cokelat hitam. Cokelat hitam sangat baik bagi tubuh karena memiliki kandungan nutrisi yang baik seperti antioksidan, vitamin, dan juga mineral.

Cokelat banyak diolah dengan berbagai macam resep dan menu makanan. Kebanyakan produk olahan cokelat diolah dengan penambahan gula, susu, dan lain sebagainya. Penambahan bahan yang tidak tepat pada olahan cokelat justru akan membuat cokelat menjadi berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, pilihlah cokelat hitam tanpa penambahan gula berlebih agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya.

Manfaat Konsumsi Cokelat bagi Kesehatan

Berikut beberapa manfaat konsumsi cokelat bagi kesehatan tubuh kamu. Yuk simak!

Meningkatkan suasana hati

Manfaat konsumsi cokelat yang pertama yaitu meningkatkan suasana hati atau mood. Sebagian orang menjadikan cokelat sebagai obat pereda stres. Hal ini tentunya sering kalian dengar.

Cokelat memiliki efek antidepresan yang mampu mengurangi rasa stres. Tak hanya itu, cokelat juga mengandung magnesium yang dapat menjaga keseimbangan suasana hati agar tetap stabil. Jadi tak heran jika banyak orang yang merekomendasikan cokelat sebagai pembangun mood.

Membantu menurunkan berat badan

Menurut peneliti, cokelat dapat memicu pelepasan hormon yang mengatur nafsu makan. Kondisi ini memungkinkan untuk seseorang lebih mudah menurunkan berat badannya. Namun perlu diketahui, konsumsilah cokelat hitam dengan jumlah yang sesuai.

Mencegah penuaan dini

Manfaat konsumsi cokelat yang selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Cokelat memiliki kadar antioksidan tinggi yang dapat membantu menghambat terjadinya penuaan dini. Proses penuaan memang akan terjadi seiring dengan berjalannya usia. Namun terkadang ada beberapa orang yang proses penuaannya lebih cepat dari usianya, inilah yang disebut dengan penuaan dini.

Untuk menghindari terjadinya penuaan dini, kamu bisa menjadikan cokelat sebagai solusinya. Kandungan mangan yang tinggi pada cokelat mampu berperan sebagai kolagen yang dapat menjaga kulit tampak muda dan sehat.

Meningkatkan fungsi otak

Sebuah penelitian menunjukkan bahawa cokelat panas dapat membantu meningkatkan aliran darah ke bagian otak ke tempat yang dibutuhkan. Hal ini terjadi karena ekstrak kakao yang ada pada cokelat mendungan flavonoid yang tinggi. Kandungan inilah yang dapat meningkatkan fungsi kognitif secara signifikan.

Kemudian, kandungan kafein dan teobromin di dalam cokelat juga mampu meningkatkan fungi otak dalam jangka pendek. Oleh karena itulah cokelat dikenal dapat meningkatkan memori otak.

Itulah beberapa manfaat konsumsi cokelat hitam atau dark chocolate. Konsumsilah cokelat dalam jumlah yang wajar serta perhatikan pula bahan yang ditambahkannya. Hindari konsumsi olahan cokelat yang banyak mengandung gula. (Ume/Djavatoday)

Resep Nasi Liwet Khas Sunda, Gurih dan Bikin Nagih

Nasi liwet khas Sunda adalah pilihan menu yang tepat untuk disantap, apalagi pada saat berkumpul bersama keluarga di akhir pekan. Nasi yang rasanya gurih-gurih...

Resep Topokki Korea, Bisa disesuaikan dengan Lidah Orang Indonesia

Resep topokki Korea memang tidak pernah ada habisnya. Hidangan yang satu ini merupakan salah satu makanan Korea yang paling terkenal. Apalagi untuk kalian para...

Dari Nastar Hingga Kue Salju, Ini Dia Macam-macam Kue Lebaran yang Paling Populer!

Macam-macam kue lebaran yang berjejer di atas meja memang sudah menjadi pemandangan khas hari raya yang tak boleh terlewati. Beragam jenis kue telah hadir...

3 Resep Olahan Alpukat, Bisa untuk Takjil Buka Puasa!

Resep olahan alpukat bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang sudah bingung ingin membuat takjil buka puasa. Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan...

Terpopuler

Lainnya