Jumat, Juni 18, 2021

Tips Menjaga Imunitas Tubuh saat Puasa di Tengah Pandemi Covid-19

Tidak terasa, bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Umat muslim di seluruh dunia serentak menunaikan ibadah puasa. Namun, yang berbeda adalah tahun ini kita berpuasa di tengah pandemi Covid-19 yang masih membayangi. Untuk anda yang khawatir imunitas menurun saat berpuasa, simak tips menjaga imunitas tubuh saat puasa di tengah pandemi berikut ini.

Tips Menjaga Imunitas Tubuh saat Puasa

Bagi umat muslim, menunaikan ibadah puasa apalagi di bulan suci Ramadhan adalah suatu kewajiban. Meskipun tengah berdampingan dengan virus Covid-19, berpuasa tak bisa ditinggalkan. Mungkin banyak di antara anda yang khawatir akan menurunnya imunitas karena berpuasa. Perlu diketahui bahwa berpuasa sebenarnya membawa banyak manfaat bagi kesehatan.

Namun, jika dilakukan dengan cara yang salah, hal tersebut bisa menurunkan imunitas tubuh. Lalu, bagaimana tips menjaga imunitas tubuh saat berpuasa agar ibadah puasa Ramadhan berjalan lancar? Mari simak artikel ini selengkapnya.

Sahur dengan Makanan Sehat

Dalam berpuasa, sahur merupakan sunnah yang sangat dianjurkan. Untuk menjaga imunitas tubuh saat berpuasa, sahur adalah hal yang tak boleh dilewatkan. Konsumsilah makanan yang bergizi seimbang saat sahur. Seperti daging, buah, sayuran, ikan, makanan berkalsium, serta makanan yang mengandung banyak vitamin C, E, dan D. Makanan berkarbohidrat kompleks juga dianjurkan, karena bersifat lambat dalam melepaskan energi saat berjam-jam menunaikan puasa.

Selain itu, makanan yang mengandung pati pun bisa dikonsumsi saat sahur. Karena pati bermanfaat dalam memelihara pencernaan. Anda bisa mengonsumsi oatmeal, sereal, roti, ataupun nasi.

Jangan Lakukan Ini Saat Berbuka

- Advertisement -

Saat berbuka puasa, orang cenderung ingin makan dalam porsi yang banyak bahkan berlebihan. Jangan lakukan hal tersebut karena justru bisa menggangu kesehatan seperti perut kembung. Berbukalah dengan air putih, makanan dengan manis yang alami seperti buah kurma serta makanan kaya nutrisi lainnya. Penuhi nutrisi karbohidrat, protein, serat, dan vitamin yang seimbang.

Dengan begitu, anda dapat senantiasa menjaga imunitas tubuh saat berpuasa di keesokan harinya. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi vitamin C yang baik untuk membentuk imunitas atau kekebalan tubuh.

Penuhi Cairan Tubuh Saat Sahur dan Berbuka

Saat berpuasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, tubuh tidak menerima asupan cairan. Oleh karena itu, saat sahur dan berbuka anda harus memenuhi asupan cairan dengan ukuran ideal 8 gelas air putih setiap hari. 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas saat malam hari. 

Anda boleh saja minum minuman manis yang khas saat Ramadhan. Namun, tetap utamakan meminum air putih. Hal tersebut karena air putih berperan penting dalam menjaga imunitas tubuh apalagi saat berpuasa di tengah pandemi Covid-19. 

Lakukan Olahraga Ringan 

Meskipun sedang berpuasa, anda tetap dianjurkan untuk berolahraga. Namun, jangan berolahraga dengan intensitas yang berat. Cukup lakukan olahraga ringan seperti yoga atau olahraga ringan lainnya yang bisa dilakukan di rumah. Hal ini membantu tubuh tetap sehat dan bugar saat berpuasa. 

Biasakan juga untuk berjemur saat pagi hari. Karena sinar matahari bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan imun tubuh. Bahkan aktivitas berjemur ini telah direkomendasikan oleh WHO. Sebagai kebiasaan baru untuk memerangi virus corona.

Tidur yang Cukup

Tips selanjutnya yakni, tidur dengan waktu yang cukup. Tubuh manusia telah bekerja seharian dan membutuhkan waktu istirahat agar metabolismenya tidak terganggu. Tidurlah sekitar 6 sampai 8 jam setiap harinya agar kesehatan tetap terjaga.

Bagi anda yang suka begadang, sebaiknya mengurangi kebiasaan tersebut. Karena hal ini akan berimbas pada daya tahan tubuh anda. Dalam berpuasa pun dikhawatirkan akan merasa pusing dan lemas berlebihan.

Lakukan Hal yang Menyenangkan

Setelah mengikuti tips sebelumnya, yang terpenting untuk menjaga imunitas tubuh adalah jangan sampai mengalami stress. Cobalah melakukan hobi atau hal yang disenangi untuk menjaga mood tetap stabil. Dengan begitu, imunitas tubuh akan terjaga. Bisa dengan melakukan healing, seperti  mendengarkan musik, family time, menuangkan ide dalam tulisan, atau ngabuburit bersama teman dan sahabat.

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Karena kita akan menunaikan ibadah puasa saat pandemi, penting untuk kita mematuhi protokol kesehatan. Tetap gunakan masker saat keluar rumah, sering mencuci tangan di air mengalir, serta menjaga jarak. Bagi yang akan divaksinasi saat berpuasa, anda tak perlu khawatir. Karena MUI telah mengeluarkan fatwa bahwa suntikan vaksinasi saat berpuasa tidak akan membatalkannya.

Nah, itulah tips dalam menjaga imunitas tubuh saat puasa di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, tetap rutin cek kesehatan dan tetap patuhi protokol kesehatan. Dengan begitu, kita bisa menunaikan ibadah puasa Ramadhan dengan lancar. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan, sobat Djava!

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU

Advertisement

Popular

INFO GRAFIS