Sabtu, Juli 20, 2024

6 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau gerd merupakan penyakit yang paling umum menyerang banyak orang. Penyakit ini biasanya disebabkan karena beberapa faktor seperti stress, makan makanan yang pedas dan asam, atau minum minuman bersoda. Lalu, bagaimana caranya mengatasi asam lambung?

Penyakit gerd (gastroesophageal reflux disease) atau asam lambung adalah penyakit yang disebabkan naiknya asam lambung menuju kerongkongan karena katup yang membatasi antara organ lambung dan kerongkongan mengalami gangguan atau fungsinya melemah.

Biasanya orang yang mengalami asam lambung menunjukkan gejala-gejala seperti mulut terasa asam, perut kembung, mual, rasa nyeri pada ulu hati dan juga dada seperti terbakar (heartburn).

Sekarang ini orang-orang banyak beralih pada pengobatan herbal ketimbang mengkonsumsi obat-obatan kimia. Berikut ini kami rekomendasikan bahan-bahan herbal yang ampuh untuk mengatasi asam lambung, diantaranya :

Air Tajin

Air tajin adalah air rendaman beras yang terbukti bisa meredakan penyakit asam lambung. Untuk membuat air tajin, usahakan beras yang kamu gunakan adalah beras yang bebas dari pestisida alias beras organik.

Menurut dr. Zaidul Akbar, air tajin mengandung banyak mineral dan enzim yang bekerja untuk memperbaiki keseimbangan asam lambung dalam tubuh.

Cara membuatnya yaitu setelah dicuci bersih, tuangkan beras ke dalam panci dan masukan air secukupnya. Kemudian rebus hingga airnya mengental. Setelah itu, matikan kompor dan pindahkan airnya ke dalam gelas.

Agar rasanya lebih enak, kamu bisa menambahkan madu sebagai penambah rasa. Disarankan untuk meminum air tajin ini sebanyak 1-2 gelas sehari.

Jahe

Jahe merupakan tanaman herba yang memiliki sifat anti radang untuk meredakan nyeri pada ulu hati. Selain itu, jahe juga berkhasiat untuk meredakan perut kembung dan mual. Untuk mengatasi gejala asam lambung, kamu bisa mengolah jahe dengan cara direbus dalam air mendidih kemudian air rebusan tersebut diminum selagi hangat

Kunyit

Kunyit adalah rempah yang paling umum digunakan oleh banyak orang untuk mengatasi gejala asam lambung. Tanaman rimpang ini dipercaya efektif untuk meredakan asam lambung.

Untuk membuat minuman herba dari kunyit, kamu tinggal menumbuk kunyit kering sampai menjadi bubuk, kemudian seduh ½ sendok bubuk kunyit tersebut dengan air hangat.

Baca juga : 8 Makanan Kaya Nutrisi untuk Memelihara Kesehatan Jantung

Mentimun

Buah yang sering dijadikan lalapan ini juga dipercaya efektif untuk mengatasi asam lambung. Mentimun mengandung banyak vitamin dan mineral. Untuk mengobati asam lambung, kamu cukup mengkonsumsi dua potong mentimun segar yang sudah dikupas dan dibuang bijinya.

Pepaya

Pepaya adalah buah yang kaya akan serat dan baik untuk kesehatan pencernaan. Tak hanya itu, buah pepaya juga mengandung enzim papain yang terbukti bisa mengatasi gejala asam lambung seperti rasa panas di bagian perut atas sampai dada (heartburn). (Willy/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya