Selasa, Oktober 26, 2021

Prediksi Profesi Paling Dibutuhkan pada Tahun 2025 Versi WEF 2020

Prediksi profesi paling dibutuhkan di tahun 2025 kelak telah berhasil diprediksi oleh World Economic Forum (WEF). Penelitian bernama Future of Jobs Survey 2020 ini memprediksikan profesi-profesi apa saja yang paling dibutuhkan pada tahun 2025. Mengingat pesatnya teknologi saat ini, maka sudah bisa mempediksi bahwa profesi-profesi tersebut berkaitan dengan teknologi.

Seperti Artificial Intelligence (AI), sistem digital, dan informasi teknologi. Hasil survei ini bisa bermanfaat untuk kalian mempersiapkan masa depan. Seperti mulai menyiapkan perencanaan perkuliahan nantinya. Agar setelah lulus studi, kalian bisa langsung mendapatkan pekerjaan sebagai profesi tersebut.

Prediksi Profesi Paling Dibutuhkan pada Tahun 2025

Baca juga:

Ada beberapa profesi yang akan sangat perusahaan butuhkan. Berikut daftar prediksi profesi paling dibutuhkan pada tahun 2025 versi WEF untuk Anda.

Data Scientist dan Data Analyst

Data scientist dan data analyst merupakan profesi yang bertugas untuk menganalisis, memproses, dan memodelkan data. Hasil dari proses tersebut selanjutnya sebagai acuan pembuatan rencana selanjutnya bagi perusahaan/lembaga. Hasil pemrosesan data sangat berguna untuk pengambilan keputusan perusahaan/lembaga di masa depan. 

Untuk bisa menjadi seorang data scientist dan data analyst, kamu harus menyiapkan skill dan rencana studi yang baik. Ada beberapa rekomendasi jurusan dan kampus yang relevan dengan profesi ini. Seperti Mathematics-Massachusetts Institute of Technology (MIT), Mathematics-Harvard University, dan Statistics-ETH Zuerich. Profesi ini menempati posisi pertama untuk survei prediksi profesi paling dibutuhkan pada tahun 2025 kelak.

Artificial Intelligence dan Machine Learning Specialist

Profesi ini singkatnya bertugas membangun atau mengoptimalkan proses AI pada suatu sistem menggunakan algoritma. Tidak bisa memungkiri, AI memang begitu berkembang pesat dan akan menjadi kebutuhan masa depan. Jurusan kuliah dan kampus yang direkomendasikan untuk menunjang tercapainya profesi ini di antaranya Mathematics-MIT. Ada juga jurusan lain seperti Electrical Engineering and Computer Science-MIT dan Computer Science-Stanford University.

Big Data Specialist

Prediksi profesi paling dibutuhkan selanjutnya adalah Bid Data Specialist. Profesi ini bertugas memelihara, mengembangkan, menguji, dan mengevaluasi solusi dari big data suatu perusahaan/lembaga. Kemampuan dalam rekayasa perangkat lunak sangatlah penting untuk menunjang profesi ini. Jurusan kuliah dan kampus yang direkomendasikan di antaranya Statistics-ETH Zuerich, Electrical Engineering and Computer Science-MIT, dan Computer Science-Stanford University.

Digital Marketing and Strategy Specialist

Profesi ini bertugas mengidentifikasi target pasar, menciptakan brand image, hingga membuag serta memelihara marketing champaign. Semua tugas tersebut dijalankan dengan berbasis internet dan teknologi. Profesi ini berada dalam naungan tim pemasaran suatu perusahaan, adapun jurusan dan kampus yang direkomendasikan di antaranya Marketing-HEC Paris. Pilihan lainnya di antaranya Strategyc Marketing-Imperial College Business School dan Transformation Digital, Marketing, and Strategyc-Emlyon Business School.

Process Automation Specialist

Prediksi profesi paling dibutuhkan yang berikutnya adalah mengenai automatisasi. Pesatnya teknologi mendorong terjadinya gelombang automatisasi secara besar-besaran. Lahirlah profesi ini yang memiliki tugas utama menggunakan teknologi untuk menjalankan pekerjaan sehingga menggantikan pekerjaan manual. 

Jurusan dan kampus yang direkomendasikan di antaranya adalah Electrical Engineering and Computer Science-MIT. Kamu juga bisa melanjutkan studi di Electrical Engineering-Stanford University atau Mechanical Engineering-MIT.

Business Development Professionals

Prediksi profesi paling dibutuhkan yang satu ini berkaitan dengan bisnis yang memang akan selalu berjalan selama bumi masih berotasi. Profesi ini memiliki tugas utama mengidentifikasi peluang yang akan menghasilkan dan meningkatkan keuntungan bagi suatu perusahaan. Peluang tersebut bisa tercipta dari produk atau jasa, pasar, hingga kemitraan bisnis baru. Rekomendasi jurusan dan kampusnya yakni Business School-INSEAD, Business Administration-Harvard University, dan Marketing-HEC Paris.

Digital Transformation Specialist

Profesi ini bertugas mengembangkan suatu perusahaan atau lembaga agar mampu bersaing dengan pesaingnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, profesi ini harus menggunakan teknologi yang ada dan yang akan datang. Rekomendasi jurusan dan kampusnya yakni Electrical Engineering and Computer Science-MIT dan Computer Science-Stanford University. Rekomendasi lainnya yakni Transformation Digital, Marketing, and Strategyc-Emlyon Business School.

Information Security Analyst

Pesatnya teknologi membuat perusahaan dan lembaga memilih menyimpan semua datanya di sebuah sistem dengan berbasis jaringan internet. Untuk mengamankan dan mengembangkan keamaan data-data dari sistem tersebut penting untuk suatu profesi, yakni Information Security Analyst. Rekomendasi jurusan dan kampus di antaranya System Design and Management-MIT, Information System Management-Carnegie Mellon University, dan Information System-NYU.

Itulah 8 prediksi profesi paling dibutuhkan pada tahun 2025 mendatang versi World Economic Forum. Walaupun ini hanya sebatas prediksi, tetapi setidaknya bisa j acuan untuk mempersiapkan masa depan agar lebih baik lagi. Selain 8 profesi tersebut bukan berarti tidak membutuhkan karena selama kita terus berinovasi, profesi apapun akan selalu . Yang harus kita persiapkan adalah softskill dan hardskill agar bisa tetap eksis di masa depan.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU