Senin, Juni 17, 2024

Daftar e-Wallet Populer Indonesia, Apa aja kegunaannya?

Halo good people, di era yang serba canggih ini tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa aplikasi e-wallet. Nah ada nih daftar e-wallet populer Indonesia berikut kegunaannya juga.

Pengertian e-Wallet

e-wallet merupakan Bahasa inggris yang apabila diterjemahkan berarti dompet digital. Ini merupakan layanan elektronik yang memiliki fungsi untuk menyimpan data berupa dana dilengkapi dengan instrument pembayaran. Dengan kata lain, e-wallet ini layaknya dengan dompet fisik untuk transaksi pembayaran secara aman.

Makin maraknya transaksi secara online dibarengi dengan munculnya aplikasi-aplikasi e-wallet untuk mempermudah pembayaran. Bahkan di beberapa toko umkm pun sudah menerapkan system pembayaran online yang didukung oleh QRIS (Quick Response Code Indonesian).

Daftar e-Wallet Populer Indonesia

Nah, di Indonesia sendiri kini sudah ada puluhan e-wallet yang bisa digunakan. Namun, ada beberapa yang cukup popular dan terpercaya.

Dana

Aplikasi e-wallet yang pertama adalah dana, hampir setiap orang pernah memiliki akun ini. Aplikasi berwarna biru yang sudah didirikan dari 2018 ini telah mencapai 170 pengguna hingga tahun 2023. Berbagai feature diluncurkan oleh dana diantaranya transfer sesama pengguna dan transfer antar bank, pembayaran metode qr code, pembelian pulsa, pembayaran Listrik dan PDAM, dan lainnya.

Adapun salah satu kelebihan dana, bisa juga digunakan untuk menarik dana dari aplikasi lain, seperti tiktok dan aplikasi yang menghasilkan uang. aplikasi ini pun memiliki feature goals, Dimana itu bisa digunakan untuk menetapkan tabungan yang ingin tercapai. Misalnya goals untuk traveling, membeli barang, atau menikah.

OVO

Hadir lebih dulu 1 tahun sebelum dana, OVO pun tidak kalah popular di Indonesia. Berbagai macam transaksi bisa dilakukan di aplikasi ovo juga. Didirikan oleh Lippo Grup pada tahun 2017, Adapun induk dari OVO ini adalah Grab.

Para pengguna aplikasi grab pasti tidak asing lagi dengan OVO, karena memang untuk pembayaran online di grab menggunakan OVO. Sama halnya seperti dana berbagai macam feature juga hadir di OVO.

Gopay

Para pengguna Gojek pasti tidak asing dengan yang satu ini. Ya, e-wallet popular Indonesia berikutnya adalah gopay. Gopay merupakan anak Perusahaan dari Gojek sudah hadir dari tahun 2016.

Adapun kelebihan dari gopay ini menyediakan feature gopaylater, Dimana penggunanya bisa melakukan transaksi dan dibayar kemudian. Adapun admin yang dikeluarkan oleh gopay persatu kali top up adalah seribu rupiah.

Shopeepay

Daftar e-Wallet Populer Indonesia adalah Shopeepay, pengguna yang sering melakukan pembelanjaan online di aplikasi orange pasti tidak asing lagi. Apalagi Shopee menawarkan berbagai voucher dan tanpa admin apabila transaksi menggunakan e-wallet ini.

Pengguna juga dapat mengirimkan uang ke sesame pengguna ataupun transfer ke bank. Namun terdapat biaya yang dikenakan untuk setiap transaksi antar bank.

Dari keempat e-wallet yang popular tentu good people harus cermat dan pandai dalam menentukan Keputusan. Hal ini karena banyaknya kejahatan seperti pembobolan dan penipuan yang melibatkan beberapa aplikasi tersebut. Sehingga menyimpan uang di e-Wallet disarankan hanya menggunakan nominal yang kecil atau secukupnya.

Nah, itulah beberapa daftar e-wallet popular Indonesia yang bisa good people gunakan dengan bijak. (pas/djavatoday)

Cara Efektif Budidaya Buah Naga Agar Pertumbuhannya Tidak Terhambat

Budidaya buah naga sudah banyak ditemukan di Indonesia. Buah yang berasal dari sejumlah spesies kaktus dalam marga Hylocereus dan Selenicereus dengan ciri khas sisik...

Tips Menabung Efektif, Wajib Simak Biar Dana Teralokasi dengan Benar

Tips Menabung Efektif merupakan tips buat sobat djava yang merasa uangnya cepat habis atau pun tidak terkontrol pengeluarannya. Sobat djava pasti pernah menanyakan kemana...

Surat Pemberitahuan Tahun (SPT) Pajak, Segera Lapor Sebelum Kena Sanksi Denda!

Surat Pemberitahuan Tahunan atau biasa dikenal dengan SPT ini merupakan instrumen yang digunakan wajib pajak dalam melaporkan kekayaannya. Hal tersebut sudah berlaku mulai dari...

6 Rekomendasi Sayuran Cepat Panen yang Mudah ditanam

Rekomendasi sayuran cepat panen ini cocok buat kamu yang tertarik untuk berkebun. Berbagai jenis sayuran tentunya sangatlah bermanfaat dalam kehidupan. Makan sayur setiap hari...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya